Pencarian populer

Nasihat Karier yang Didapatkan 7 Perempuan Sukses dari Ayah Mereka

Lupita Nyong'o Foto: REUTERS/Mario Anzuoni

Tepat pada Minggu (16/6) lalu, seluruh dunia merayakan Hari Ayah Internasional. Sebuah hari yang didedikasikan untuk menghargai peran seorang ayah dalam keluarga.

Di beberapa keluarga, peran ayah seringkali disebut sebagai 'tulang punggung' yang menopang kelangsungan hidup sebuah keluarga. Tanggung jawab yang diberikan oleh ayah, tak luput dari berbagai pengalaman kehidupan yang ia rasakan. Terutama, dalam urusan pekerjaan dan kehidupan profesional.

Tak jarang, seorang ayah memberikan wejangan demi wejangan, dengan harapan sang anak memiliki kehidupan yang lebih baik. Hal inilah yang juga dirasakan oleh beberapa perempuan sukses dunia.

Di balik kesuksesan mereka, ternyata ada peran seorang ayah yang tak luput memberikan berbagai nasihat dalam menghadapi hidup di dunia nyata. Tujuh perempuan sukses dunia ini mengungkapkan nasihat karier yang mereka dapatkan dari ayah mereka. Apa saja?

Indra Nooyi, mantan CEO PepsiCo

Indra Nooyi. Foto: AFP/Don Emmert

"Ayah saya adalah seorang figur yang mengagumkan. Darinya, saya belajar untuk selalu berpikir positif. Apapun yang orang lain katakan atau lakukan, anggaplah mereka memiliki tujuan yang positif. Anda akan kaget bagaimana pikiran seperti itu bisa mengubah cara Anda melihat suatu masalah," ungkapnya kepada Fortune, 2008.

Ali Wong, komedian dan aktris

Ali Wong. Foto: AFP/VALERIE MACON

"Ayah saya selalu berkata: 'Di dunia ini tidak ada makan siang gratis'. Ungkapannya tersebut sering terngiang-ngiang dalam pikiran saya. Benar, maksud di balik ungkapannya itu adalah segala sesuatu pasti ada harganya. Tak ada yang gratis," ungkap Ali kepada The Associated Press, 2019.

Gwyneth Paltrow, pebisnis dan aktris

Gwyneth Paltrow Foto: REUTERS/Mario Anzuoni

"Saya ingat ketika saya masih berusia 27 tahun, saat karier saya sedang berada dalam puncaknya, saya merasakan betapa hebat dan populernya saya saat itu. Lalu suatu saat, ketika sedang duduk bersama ayah saya, tiba-tiba ia berkata: 'Tahukah kamu bahwa kamu bersikap aneh akhir-akhir ini. Kamu jadi menyebalkan dan bersikap seperti seorang bajingan.' Tentu mendengar itu saya merasa marah. Namun, kini setelah saya pikirkan kembali, apa yang ia ungkapkan itu adalah hal yang benar. Ia benar-benar mencintai saya sehingga memberikan kritik yang begitu jujur. Ia memberi tahu saya bahwa saya berada pada jalan yang salah dan seharusnya saya tidak sombong seperti itu," aku Gwyneth Paltrrow kepada Harper's Bazaar, 2016.

Gina Rodriguez, aktris

Gina Rodriguez. Foto: AFP/VALERIE MACON

"Ayah saya selalu berkata pada saya untuk mengungkapkan hal ini setiap pagi: 'Hari ini adalah hari yang baik. Saya bisa dan saya akan mewujudkan itu.' Ini adalah saran sederhana yang sangat indah," ungkapnya ketika mendapatkan penghargaan di Golden Globes pada 2015 silam.

Melinda Gates, penulis dan pendiri Bill & Melinda Gates Foundation

Melinda dan Bill Gates. Foto: REUTERS/Kamil Zihnioglu/Pool

"Saran terbaik yang ayah saya berikan adalah untuk berani bertanya hal-hal yang menantang. Kemudian, jangan menyerah untuk mendapatkan jawaban dari segala pertanyaan yang ditanyakan. Ia tahu bahwa keingintahuan dapat memecahkan sebuah tantangan yang sulit. Dan saat kita sudah menemukan jalan yang ingin diambil, segala hal menjadi tampak lebih mudah," ungkap Melinda kepada Times, 2017.

Lupita Nyong'o, aktris

Lupita Nyong'o Foto: REUTERS/Mario Anzuoni

"Pengetahuan adalah sebuah kekuatan. Ayah saya selalu membaca buku. Ia adalah sebuah contoh bahwa pendidikan tidak memiliki akhir. Ia mengajarkan saya bahwa belajar adalah cara untuk tetap merasa muda, cantik, dan cerdas. Pikiran yang terbuka lebih kuat dari tubuh yang kuat," tulisnya di Facebook pribadinya pada 2017 silam.

Lucy Liu, aktris dan sutradara

Lucy Liu. Foto: AFP/Angela Weiss

"Satu hal yang saya pelajari dari ayah saya, bahwa segala hal memiliki potensi bisnis. Itulah alasan mengapa saya selalu bekerja keras untuk mendapatkan uang," ungkapnya dalam sebuah video Emmy pada 2013 silam.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.59