kumparan
17 Agu 2019 12:36 WIB

Sri Mulyani Tampil Anggun dengan Kebaya Merah di HUT ke-74 RI

Menteri Keuangan Sri Mulyani pimpin Upacara HUT ke-74 RI di Lapangan Rumput Kementerian Keuangan, Jakarta, Sabtu (17/8). Foto: Elsa Toruan/kumparan
Menteri Keuangan Sri Mulyani tampil elegan dan mempesona saat menghadiri upacara HUT ke-74 RI. Setiap tahunnya, penampilan Sri Mulyani memang menjadi salah satu yang paling ditunggu-tunggu dalam parade pakaian daerah di perayaan HUT RI.
ADVERTISEMENT
Pada upacara HUT ke-74 RI kali ini, ia terlihat cantik dan anggun mengenakan kebaya berwarna merah yang dipadukan dengan selendang dan kain senada. Rambutnya disanggul rapi dengan hiasan bunga mawar merah di sebelah kanan.
Penampilan Sri Mulyani mengenakan kebaya merah rancangan Didiet Maulana saat hadiri HUT RI ke-74. Foto: dok. Didiet Maulana
Lagi-lagi, menteri berusia 56 tahun itu memilih desainer Didiet Maulana untuk merancang busananya. Menurut Didiet, kebaya brokat merah ini terinspirasi dari model kebaya Kartini. Untuk memberikan kesan feminin, Didiet merancang kebaya Sri Mulyani dengan neckline tinggi dan potongan yang pas badan, serta siluet lipit di bagian pinggang.
Kebaya tersebut lalu dipadukan dengan kain kuno yang sudah berusia hampir 50 tahun dengan motif Tirto Tejo Buketan dan dipasangkan dengan selendang batik antik.
Sri Mulyani dan desainer Didiet Maulana. Foto: dok. Didiet Maulana
“Kain dan selendangnya sudah berusia hampir 50 tahun. Sengaja dipilih untuk membuat kita merefleksi kilas balik perjuangan pahlawan di masa lalu. Tirto (air) Tejo (cahaya) sendiri berarti cahaya yang mengalir, melambangkan kemakmuran yang terus mengalir dan optimisme,” begitu penjelasan Didiet Maulana dalam siaran pers yang diterima oleh kumparanWOMAN.
ADVERTISEMENT
Tak kalah menarik, penampilan Sri Mulyani untuk HUT ke-74 RI ini juga dilengkapi dengan bros antik yang berasal dari abad ke-18.
Penampilan Sri Mulyani dan suami, Tony Sumartono. Foto: dok. Didiet Maulana
Dalam setiap rancangannya, Didiet Maulana memang selalu menyematkan makna dan hal-hal menarik. Kali ini, bertajuk Kebaya Kartini Nusa, busana yang dikenakan oleh Sri Mulyani memiliki makna optimisme dan semangat kemerdekaan yang berkobar.
Lewat desainnya ini, ia juga ingin menunjukkan bahwa perempuan memiliki peran yang besar bagi perkembangan Indonesia. Sosok Sri Mulyani menurut Didet juga sangat tepat untuk merepresentasikan hal tersebut. Menteri keuangan terbaik dunia itu juga menjadi salah satu perempuan berpengaruh dalam jajaran pemerintahan negeri ini.
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat Upacara HUT ke-74 RI di Lapangan Rumput Kementerian Keuangan, Jakarta, Sabtu (17/8). Foto: Elsa Toruan/kumparan
Menteri Keuangan Sri Mulyani turut menari bersama di Upacara HUT ke-74 RI di Lapangan Rumput Kementerian Keuangan, Jakarta, Sabtu (17/8). Foto: Elsa Toruan/kumparan
Tampak Menteri Keuangan Sri Mulyani tampil anggun dan luwes dalam balutan kebayanya saat memimpin upacara HUT ke-74 RI Kementerian Keuangan yang dilaksanakan di lapangan rumput kantor Kementerian Keuangan di Jakarta Pusat. Selain memimpin upacara, Sri Mulyani juga turut menari bersama para pengisi acara.
ADVERTISEMENT
Bagaimana menurut Anda penampilan Menteri Keuangan Sri Mulyani kali ini?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·