kumparan
18 Sep 2019 19:03 WIB

Tips & Trik Mengelola Kebutuhan Rumah Tangga ala Sissy Priscillia

Sissy Priscillia. Foto: Dok. Munady
Menjadi ibu rumah tangga harus bisa pandai mengatur keuangan, kalau tidak, risikonya bisa kehabisan uang dan kebutuhan sebelum hari gajian tiba. Tidak mau seperti itu kan, Ladies? Supaya keuangan tetap berjalan mulus, kita bisa memanfaatkan penawaran diskon besar-besaran.
ADVERTISEMENT
Walaupun ada penawaran diskon yang menggiurkan, bukan berarti kita bisa belanja tanpa batas. Kita harus lebih cermat berbelanja bulanan untuk kebutuhan rumah tangga supaya tidak kerap ‘kebobolan’ tiap bulannya. Hal inipun dilakukan oleh aktris Sissy Priscillia. Menurutnya, belanja online sangat menguntungkan bagi ibu rumah tangga yang bekerja.
“Kalau belanja bulanan ke mall harus atur waktunya kapan, belum lagi macet, cari parkir. Jadi belanja online sangat membantu ibu rumah tangga, apalagi kan ada penawaran diskon dan gratis ongkir. Tapi keuangan tetap harus diatur,” jelasnya di acara Catatan Akhir Bulan yang diadakan Shopee di 89 Kemang, Jakarta Selatan, Selasa, (17/9).
Seperti apa tips belanja bulanan ala Sissy Priscillia? Yuk, simak.
ADVERTISEMENT
1. Atur keuangan untuk dua minggu sekali
Kalau namanya sudah belanja bulanan, tentu saja untuk pengeluaran sebulan sekali. Namun Sissy memiliki cara yang berbeda, ia pun membuat pengaturan keuangan untuk dua minggu sekali, yang artinya sebulan dua kali.
Bukan bermaksud boros, tetapi ia memilah kebutuhan mana yang bisa dihabiskan selama sebulan dan kurang dari sebulan. “Satu bulan bisa untuk produk sabun cuci. Kalau seperti sayur dan buah itu kan bisa dua minggu sekali (habis). Nah, saya sering mencatat kebutuhan mana yang dalam dua minggu habis, dan mana yang tiga sampai empat minggu habis. Jadi supaya semuanya cukup, tidak ada yang lebih dan kurang,” jelasnya.
Ilustrasi belanja Foto: Shutterstock
2. Komunikasikan dengan asisten rumah tangga
ADVERTISEMENT
Setiap sebulan sekali, aktris berusia 34 tahun itu membicarakan kebutuhan rumah tangga dengan Asisten Rumah Tangga (ART). Sebab, Sissy tidak terus berada di rumah dan tidak bisa memantau pemakaian kebutuhan rumah tangga.
“Saya ngobrol sama mereka, apa yang masih perlu dibeli dan tidak perlu dibeli lagi. Keperluan (rumah tangga) apa yang sebaiknya diubah. Misal kemarin saya beli produk sabun apa, ternyata kurang efektif, ART saya bilang,” kata istri pembalap Rifat Sungkar.
Jadi dengan cara begitu kita menjadi tahu, kebutuhan rumah tangga seperti apa saja yang masih dibutuhkan dan tidak. Selain itu, kita jadi bisa mengelola keuangan rumah tangga agar tidak melewati anggaran.
ADVERTISEMENT
3. Fokus pada daftar belanjaan
Kerap kali kita membeli barang yang kita inginkan karena terlihat menarik. Eits, jangan lakukan itu, supaya belanja bulanan rumah tangga tidak terlewat batas.
“Kalau buat saya, belanja keperluan rumah tangga itu, jangan banyak mau. Fokus sama catatan apa yang perlu kita beli, jangan lihat yang lain. Fokus pada kebutuhan,” pungkas Sissy Priscillia.
Kalau semua kebutuhan rumah tangga sudah didapatkan. Setelah itu, baru kita memikirkan keinginan dari budget lebih atau tersisa. Apalagi kalau ada penawaran diskon dari barang kebutuhan rumah tangga.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan