Pencarian populer

10 PTN yang Membuka Ujian Mandiri dengan Menggunakan Nilai SBMPTN 2018

SBMPTN 2017 (Foto: Dok. Andika)
Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI resmi mengumumkan siswa yang lolos masuk PTN melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada Selasa (3/7) pukul 15.00 WIB.
ADVERTISEMENT
Dari 860.001 peserta yang mengikuti SBMPTN 2018, ada 128.085 peserta yang lolos seleksi. Nantinya, teman-teman yang berhasil lolos SBMPTN 2018 akan menempati 85 PTN di seluruh Indonesia.
Buat kamu yang sudah cek pengumumannya di sini dan dinyatakan lolos, selamat. Namun, buat kamu yang belum beruntung, kamu enggak usah berkecil hati.
Sebab, setelah adanya Permenristekdikti Nomor 126 Tahun 2016, PTN boleh menyelenggarakan Ujian Mandiri hanya dengan menggunakan nilai hasil tes SBMPTN saja. Jadi, kamu enggak perlu mengerjakan tes lagi, cukup berbekal skor SBMPTN-mu saja, kamu bisa mendaftar melalui Ujian Mandiri.
Meski begitu, enggak semua PTN menerapkan kebijakan tersebut. Lantas, mana saja PTN yang membuka Ujian Mandiri dengan menggunakan nilai SBMPTN 2018? berikut daftarnya:
ADVERTISEMENT
Universitas Sebelas Maret (UNS)
Sesuai namanya, universitas yag berdiri pada tanggal 11 Maret 1976 ini mengadakan ujian mandiri tanpa tes melalui jalur online yang berlangsung pada tanggal 26 Juni - 7 Juli 2018. Link pendaftaran online bisa kamu akses di http://www.spmb.uns.ac.id. Biaya pendaftaran UM UNS ini sebesar Rp200.000,00.
Universitas Brawijaya
Universitas kebanggan Kota Malang ini, membuka pendaftaran ujian mandiri tanpa tes melalui jalur online mulai dari tanggal 25 Juni hingga 14 Juli 2018. Setelah mendaftar melalui website http://selma.ub.ac.id, kamu harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 300 ribu.
Universitas Airlangga
Universitas yang terletak di Jalan Airlangga No. 4 - 6, Surabaya, Jawa Timur, ini juga membuka seleksi melalui jalur ujian mandiri tanpa tes. Pendaftaran online dibuka mulai dari tanggal 4 - 11 Juli 2018 melalui link http://pendaftaran.unair.ac.id. Untuk biaya pendaftaran seleksi UM ini sebesar Rp 300 ribu untuk kelompok IPA/IPS dan Rp 500 ribu untuk kelompok IPC.
ADVERTISEMENT
Institut Pertanian Bogor
Selain menyelenggarakan seleksi mandiri melalui jalur ujian tertulis, IPB juga menyelenggarakan tes menggunakan nilai SBMPTN. Periode pendaftaran berlangsung antara 21 Mei sampai dengan 4 Juli 2018. Link pendaftaran bisa diakses di http://utm.ipb.ac.id. Untuk biaya pendaftarannya sendiri, sebesar Rp 300 ribu.
Institut Teknologi Sepuluh November
Institut yang didirikan pada tanggal 10 November 1957 ini, juga membuka seleksi mandiri tanpa tes (PKM ITS) secara online yang dibuka pada tanggal 15 Mei - 6 Juli 2018. Kamu bisa mengakses link pendaftarannya di http://smits.its.ac.id. Dikutip dari web resminya, biaya pendaftaran PKM ITS ini sebesar Rp 250 ribu.
Universitas Pendidikan Indonesia
UPI membuka pendaftaran jalur mandiri tanpa tes secara online melalui link http://pmb.upi.edu/. Periode pendaftarannya dibuka antara tanggal 21 Mei sampai 11 Juli 2018. Kamu cukup membayar Rp 350 ribu untuk biaya pendaftarannya.
ADVERTISEMENT
Universitas Negeri Malang
Universitas Negeri Malang membuka jalur mandiri tanpa tes secara online melalui link http://seleksi.um.ac.id. Periode pendaftaran berlangsung antara 21 Juni—10 Juli 2018. Setelah melakukan registrasi, kamu harus membayar uang sebesar Rp 200 ribu untuk biaya pendaftaran.
Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)
Perguruan tinggi yang terletak di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ini menyelenggarakan seleksi jalur mandiri tanpa tes yang berlangsung mulai dari tanggal 25 Juni sampai 6 Juli 2018. Untuk biaya pendaftarannya cukup murah, yaitu sebesar Rp 150 ribu.
Universitas Hasanuddin
Universitas kebanggaan warga Makassar ini juga membuka jalur mandiri berdasarkan skor SBMPTN. Tetapi bedanya, penilaian bukan hanya berhenti di skor SBMPTN saja, tapi para peserta masih harus mengikuti tes psikologi dan wawancara. Pendaftaran secara online dibuka pada tanggal 6 Juli 2018 dan ditutup pada tanggal 14 Juli 2018. Biaya pendaftarannya sebesar Rp 750 ribu.
ADVERTISEMENT
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Universitas negeri yang kampusnya berlokasi di Jalan RS. Fatmawati Pondok Labu, Jakarta Selatan ini, juga tidak ketinggalan mengadakan jalur mandiri berdasarkan skor SBMPTN. Pendaftaran online dibuka mulai tanggal 7 Juli 2018 hingga 16 Juli 2018 melalui situs https://pendaftaran.upnvj.ac.id/. Biaya pendaftaran melalui jalur ini adalah sebesar Rp 275 ribu.
Penulis: Nismara Pramayoga / SPEAR SMAN 1 Klaten
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81