kumparan
24 Feb 2019 13:33 WIB

20 Sociopreneneur #BuatNyataTujuanmu Terpilih dari Ribuan Peserta

3 Pemenang Program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu Kopi Kapal Api. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Menjalankan wirausaha sosial (social enterpreneurship) akhir-akhir ini marak dilakukan oleh anak muda Indonesia. Enggak hanya bertujuan untuk cari untung, menjadi seorang sociopreneur juga mampu membantu dan memberdayakan masyarakat.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, Kapal Api bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menginisiasi program sociopreneurship bernama Gerakan Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu. Program ini telah dimulai sejak Mei 2018 lalu dan berhasil menyaring 20 peserta dengan konsep sociopreneurship terbaik dari total lima ribu proposal yang masuk dari seluruh Indonesia.
Coffee Talk Pemenang Program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu Kopi Kapal Api. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Group Brand Manager Kapal Api, Johnway Suwarsono, berharap Kapal Api dapat menjadi wadah untuk anak muda yang punya ide dan semangat sociopreneur sehingga dapat menyalurkan aspirasinya.
"Kapal Api menyediakan wadah bagi anak muda agar berani membuat nyata tujuannya lewat mentoring, peningkatan kapasitas pengetahuan dan keterampilan, hingga mampu membuat prototype yang siap dipresentasikan kepada juri," ujarnya.
Setelah melewati ragam kegiatan, pembekalan ilmu socialpreneurship, dan mentoring bersama para sociopreneur sukses Indonesia, tibalah malam awarding untuk ke-20 peserta yang mengikuti program sociopreneurship Kapal Api.
ADVERTISEMENT
Kemarin, Sabtu (23/2) bertempat di Ballroom Grand Hyatt, Jakarta, acara awarding night berlangsung. Ke-20 peserta memaparkan soal usaha sosialnya pada para investor.
Acara juga diramaikan dengan special show dari Kunto Aji, yang dilanjut sesi coffee talk dengan narasumber dari berbagai pihak. Di antaranya adalah Roosiawati (Direktur Pengembangan Pasar Ditjen Binapenta dan PKK Kementerian Ketenagakerjaan), David Christian (Founder Evoware), Christeven Margonoto (Komisaris PT. Santos Jaya Abadi) dan Iwan Murty (CEO PT Tristar Service Indonesia).
3 Pemenang Program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu Kopi Kapal Api. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Dalam sesi coffee talk yang bertema 'Menjadi Sociopreneur Sukses', Roosiawati mengatakan bahwa dengan banyaknya sociopreneurship bermunculan, terbukti mampu menurunkan angka pengangguran. Iwan Murty selaku CEO PT Tristar Service Indonesia juga berpesan bahwa para sociopreneur harus tahu betul apa masalah yang ingin mereka entaskan dan bagaimana upaya tersebut dapat bertahan dan berkelanjutan.
ADVERTISEMENT
"Sociopreneur harus lebih fokus pada masalah dan solusi yang ditawarkan, bukan ke produknya," jelasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan