Pencarian populer

3 Hal yang Bisa Dilakukan Setelah Menerima Hasil SBMPTN 2018

Pengumuman SBMPTN 2018 di kumparan (Foto: kumparan)
Hasil ujian SBMPTN 2018 telah diumumkan. Sebanyak 128.085 peserta yang telah mengikuti ujian dinyatakan berhasil lulus seleksi. Apabila kamu adalah salah satu peserta dan belum melihat hasilnya, kamu bisa mengakses hasil ujian tersebut di kumparan melalui tautan berikut ini.
ADVERTISEMENT
Selamat untuk seluruh peserta yang telah dinyatakan lulus untuk masuk ke PTN dan Jurusan yang diinginkan. Semoga kesempatan yang didapatkan bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.
Bagi yang belum berhasil di SBMPTN 2018, tak perlu bersedih terlalu lama. Lebih baik, gunakan waktu yang ada untuk persiapan mengikuti berbagai kesempatan lainnya untuk masuk ke PTN impian kalian.
Bagi yang sudah berhasil lulus masuk ke PTN dan jurusan yang diinginkan, cobalah untuk tidak merasa senang yang berlebihan. Selain itu, coba simak tiga hal yang bisa kamu lakukan setelah menerima pengumuman tersebut berikut ini.
1. Rayakan secukupnya
Bisa menjadi bagian dari kampus dan jurusan idaman mungkin menjadi mimpi dari hampir semua calon mahasiswa. Dengan pencapaian yang sudah berhasil kamu dapatkan, kamu pantas untuk setidaknya merayakan hal tersebut. Namun, usahakan untuk tidak melakukannya secara berlebihan. Ingat bahwa mungkin ada teman terdekat kamu yang saat ini tidak bernasib sama.
ADVERTISEMENT
Hal itu bisa kamu lakukan, misalnya, dengan tidak membuat unggahan yang menunjukkan hasil seleksi yang kamu dapatkan pada media sosial, atau cukup dengan memberitahukan kabar tersebut ke orang-orang terdekat saja.
2. Saling memotivasi
Meski sudah berhasil lulus, beberapa mungkin ada yang berencana untuk tidak mengambil kesempatan tersebut. Di sisi lain, yang tidak berhasil di SBMPTN 2018, mungkin sudah tak lagi ingin mengikuti ujian berikutnya yang tersedia. Dalam situasi seperti, ada baiknya kamu bisa saling memotivasi antar satu dengan yang lainnya.
Buat kamu yang diterima, ingat bahwa ada kesempatan yang akan terbuang dengan percuma apabila kamu tidak mengambilnya. Mungkin tak sedikit orang yang mengantre untuk bisa mendapatkan kesempatan tersebut.
Sebaliknya, bagi yang terlanjur merasa kecewa dengan hasil di SBMPTN 2018 dan merasa malas untuk mengikuti ujian berikutnya, cobalah untuk mempertimbangkannya kembali. Kekecewaan dan rasa malas tersebut mungkin bisa terkalahkan dengan meminta masukan dari orang terdekat.
ADVERTISEMENT
3. Persiapkan syarat administrasi
Meski masih ada waktu luang, ada baiknya kamu memanfaatkan kesempatan ini untuk mempersiapkan segala macam kelengkapan adminstrasi yang diperlukan saat proses pendaftaran ulang. Selain itu, ketahui juga jumlah Uang Kuliah Tunggal (UKT) di jurusan dan PTN yang menjadi tujuan kamu. Bagi yang belum berhasil, pastikan juga kamu tidak ketinggalan soal info ujian mandiri yang akan dilaksanakan oleh beberapa PTN.
Masih ada yang belum lihat hasilnya? Langsung cek di sini, ya!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85