kumparan
13 Mar 2019 16:21 WIB

3 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Lawan Insomnia

Ilustrasi Insomnia Foto: Unsplash
Siapa yang sering merasa susah tidur alias mengalami insomnia di malam hari?
ADVERTISEMENT
Meski terdengar sepele, nyatanya insomnia bisa berkembang jadi masalah kesehatan serius kalau enggak segera ditangani dengan baik, lho. National Sleep Foundation merekomendasikan setiap remaja seenggaknya harus tidur delapan hingga 10 jam setiap malam.
Karena kekurangan tidur bisa bikin kamu cepat lelah, mengantuk, dan sulit fokus di kelas. Mood juga jadi jelek, akibatnya jadi cranky dan gampang bete. Sayangnya, masih banyak anak muda yang enggak sadar kalau mereka punya siklus tidur yang enggak sehat.
Untuk kamu penderita insomnia, ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu praktekkan saat hendak tidur di malam hari Apa saja, sih?
Gunakan diffuser dan essential oil
Salah satu penyebab sulit tidur adalah kondisi pikiran dan badan yang tegang. Kamu bisa merilekskan diri dengan menyalakan aromaterapi atau diffuser dengan meneteskan essential oil. Aroma lavender, vanilla, geranium, sandalwood, bergamot, dan chamomile merupakan opsi sempurna untuk membantu kamu tidur lebih nyenyak.
Jauhkan kamar Anda dari peralatan elektronik Foto: Unsplash
Hindari gadget
ADVERTISEMENT
Kalau kamu kepengin cepat mengantuk di malam hari, smartphone jadi musuh utama yang harus kamu hindari. Scrolling timeline Instagram, Twitter, atau Facebook membuat otak lebih aktif dan sulit tertidur. Radiasi blue light dari layar smartphone juga jadi biang keroknya.
"Banyak studi membuktikan berkurangnya durasi tidur disebabkan oleh penggunaan perangkat elektronik berlebihan. Semua telepon, tab, video games, dan televisi harus disingkirkan seenggaknya satu jam sebelum tidur," jelas dr. Bobbi Hopkins dari Johns Hopkins All Children Hospitals, kepada Teen Vogue.
Ciptakan suara alami
Tahukah kamu bahwa suara hujan, aliran air, deburan ombak, dan kicauan burung ampuh bikin kamu cepat mengantuk dan tidur lebih nyenyak?
"Suara ini bisa menolong menyamarkan suara yang enggak ingin kamu dengar, seperti suara flush toilet atau kendaraan," jelas profesor Orfeu Buxton dari Pennsylvania State University kepada Live Science.
ADVERTISEMENT
Kamu enggak perlu repot menantikan hujan agar bisa tidur, kok. Karena saat ini, ada banyak aplikasi natural sound yang bisa kamu download di Playstore dan AppStore, seperti Calm.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·