Pencarian populer

3 Hal yang Harus Kamu Persiapkan untuk Menghadapi SBMPTN

Ujian SBMPTN. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)
Setelah dinyatakan lulus dan melepas predikat sebagai pelajar SMA, enggak sedikit dari kita akan melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi, yakni perguruan tinggi. Sebagian besar dari kita akan menjatuhkan pilihannya pada perguruan tinggi negeri dengan mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).
ADVERTISEMENT
Namun masalahnya, untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri idaman lewat jalur SBMPTN enggak semudah membalikkan telapak tangan. Ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan. Apa saja? Berikut tiga hal yang harus kamu persiapkan untuk menghadapi SBMPTN.
Ketahui semua syarat dan peraturan SBMPTN 2018
Pelaksanaan SBMPTN 2017 (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Sebagai syarat, lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2016 dan 2017 wajib memiliki ijazah. Selain itu, lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2018 minimal harus punya Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel yang sah.
Peserta seleksi juga memiliki kesehatan yang memadai sehingga enggak mengganggu kelancaran pembelajaran di program studinya.
Enggak cuma itu. Ada satu hal penting yang wajib kamu ketahui, yakni tentang peraturan SBMPTN. SBMPTN 2018 akan mengadopsi sistem penilaian yang baru. Jika di tahun-tahun sebelumnya sistem yang digunakan adalah 4 poin untuk jawaban benar, 0 untuk tidak menjawab, dan minus 1 untuk jawaban yang salah, maka tahun ini peraturan tersebut sudah tidak berlaku lagi.
ADVERTISEMENT
Dengan diberlakukannya sistem penilaian tersebut, maka jawaban benar dengan jumlah yang sama dari peserta yang berbeda, belum tentu memiliki nilai akhir yang sama. Karena hal tersebut akan bergantung pada kategori soal yang masing-masing peserta berhasil jawab.
Siapkan stamina dan dokumen administrasi
SBMPTN 2017 (Foto: Cornelius Bintang/kumparan)
Penting bagi kamu untuk menjaga kesehatan selama mendaftar, apalagi di hari-hari menjelang ujian SBMPTN 2018. Badan dan stamina kamu harus dalam kondisi yang prima. Sebisa mungkin kamu berolahraga untuk menjaga stamina dan melatih fokus. Sebab, ujian SBMPTN akan memakan waktu yang cukup lama.
Selain itu, kamu juga harus melengkapi semua berkas-berkas yang dibutuhkan. Sebelum ujian, para peserta diwajibkan untuk membawa beberapa dokumen sebagai kelengkapan identitas, mulai dari Kartu Tanda Peserta Ujian, hingga fotokopi ijazah SMA/SMK/MA atau sederajat yang sudah dilegalisasi.
ADVERTISEMENT
Berlatih mengerjakan soal SBMPTN
SBMPTN 2017 (Foto: Dok. Andika)
Selain kondisi badan dan kelengkapan administrasi, kamu juga wajib mempersiapkan diri dengan mengerjakan soal terkait SBMPTN. Mulai dari sekarang, kamu bisa mencoba untuk mengerjakan satu paket soal SBMPTN agar kamu punya gambaran soal yang akan kamu hadapi nanti.
Kamu juga bisa mengikuti beragam tryout yang diadakan oleh beberapa tempat bimbingan belajar (bimbel), salah satunya adalah Quipper. Kamu bisa mengikuti tryout yang diadakan Quipper dengan mengerjakan soal-soal yang menggunakan prediksi soal SBMPTN 2018.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81