Pencarian populer

3 Tips Personal Branding ala Arifin Putra

Aktor Arifin Putra. (Foto: Agaton Kenshanahan/kumparan)

Melakukan personal branding sudah bisa dilakukan siapa saja, tak terkecuali para remaja. Tapi ternyata, enggak semua orang bisa sukses dengan personal brandingnya, lho.

Nah, buat kamu yang ingin personal branding-nya sukses, ada tips nih dari aktor The Raid 2: Berandal, Arifin Putra. Ditemui tim kumparan saat selesai memberikan materi Personal Branding di LyfeFest IdeaFest 2018 di Jakarta, kira-kira apa saja sih tipsnya?

1. Menemukan passion

Pentingnya passion (Foto: Free-Photos)

“Kita harus tahu maunya apa sih, kita kemampuannya apa, kita passionnya apa. Passion itu penting sekali karena dengan passion kita melakukan sesuatu itu 100 persen,” tutur Arifin.

Dari passion yang kamu jalani ini kamu bisa menentukan identitas apa yang akan kamu jual ke hadapan publik. Apakah menjadi koki, pecinta alam, pelukis, penyuka fashion, dan lain sebagainya.

2. Kuatkan pengetahuan tentang passion itu

com-Bekerja Sesuai Passion (Foto: Thinkstock)

Arifin bercerita ketika dirinya main film, ia tak serta-merta menapaki jalan kesukesan dengan mulus. Ia pun sempat mengikuti kelas akting agar bisa menjadi aktor yang beken.

“Kita harus ikut kelas-kelas,” kata dia. “Ambil workshop-workshop akting tambahan, ibaratnya memperkuat ilmu aja sih,” tambahnya.

3. Tentukan visi

Visi dan Misi (Foto: pixabay.com)

Setelah menemukan passion dan ilmu dalam passion tersebut mumpuni, kita perlu punya arah. Mau dibawa kemana passion tersebut?

Selain itu hargailah dirimu sendiri sebagai sebuah brand yang bernilai jual.

“Kita harus punya visi yang jelas dalam hidup, maunya apa sih. Di setiap perusahaan yang sukses, pasti ada visi dan misi, kan? Nah, kalau loe sendiri akhirnya mau kerja apapun itu, loe harus melihat diri loe sendiri sebagai sebuah perusahaan, sebagai sebuah brand,”

Selain ketiga tips tersebut, Arifin juga menambahkan bahwa kamu harus berpikir di luar kotak (think outside the box). Jadi, jelajahi semua kemungkinan yang ada dan jangan mudah menyerah ya, Guys!

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57