Pencarian populer
4 Macam Bentuk Bullying yang Perlu Kamu Tahu
4 Macam Bentuk Bullying (Foto: Chandra Dyah Ayuningtyas/kumparan)
Kasus bullying menjadi permasalahan yang sangat serius. Bentuknya bermacam-macam. Mulai dari tindakan fisik hingga ejekan dan komentar pedas yang kerap dilayangkan di media sosial.
Sebagian dari kita mungkin masing menganggap ‘ceng-cengan’ adalah sebuah bahan untuk mengakrabkan diri dengan teman tongkrongan. Nyatanya, hal itu sudah termasuk dalam kategori bully, lho.
Biar kamu lebih paham, yuk, kenali empat macam bentuk bullying berikut ini. Mungkin kamu sering melakukannya, tapi enggak sadar kalau hal itu termasuk ke tindakan bullying.
1. Bullying secara fisik
Tindakan bullying yang satu ini melibatkan kontak fisik antar pelaku dan korban. Dan tindakannya bisa terlihat secara kasat mata.
"Misalnya dipukul, ditendang, diludahi, didorong, merusak barang hingga melakukan tindakan lain yang terus berulang hingga merugikan secara fisik," kata Psikolog Anak, Anna Surti Ariani, saat dihubungi kumparan (kumparan.com), Selasa (24/4).
Lebih lanjut Anna juga menyebut kalau bullying dengan tipe ini sangat mudah diidentifikasi, namun paling jarang dilakukan dan biasanya terjadi di antara remaja yang sedang bermasalah.
2. Bullying secara verbal
Selanjutnya adalah bullying secara verbal. Biasanya bentuk bullying yang satu ini tak kasat mata, namun dampaknya bisa dirasakan oleh hati.
"Seperti dikata-katain, diejek, dicela, dihina, hingga diteror," lanjut Anna.
Bentuk hinaannya juga bermaca-macam. Enggak cuma seputar fisik, tapi bisa merambah ke isu seputar SARA, etnis, status ekonomi, hingga orientasi seksual.
3. Bullying secara sosial
Pernah enggak, sih, kamu mendengar gosip atau berita yang kebenarannya masih diragukan? Kalau pernah, jangan sebarkan informasi tersebut, ya. Sebab, menurut Anna, menyebarkan rumor atau gosip yang belum pasti hingga mengajak untuk menjauhi seseorang merupakan tindakan bullying sosial.
4. Cyberbullying
Dari ketiga bentuk bullying di atas, bullying yang satu ini menjadi bullying yang paling marak dilakukan akhir-akhir ini. Kemajuan teknologi dan informasi menjadi faktor berkembangnya bullying jenis ini.
Menurut Anna, tindakan bullying yang satu ini seperti memberikan komentar kasar yang bisa menjatuhkan orang lain, mengancam, hingga menyakiti dengan kata-kata yang ditulis di internet atau media sosial.
4 Macam Bentuk Bullying (Foto: Chandra Dyah Ayuningtyas/kumparan)

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: