kumparan
3 Jan 2018 13:43 WIB

4 Vokalis Rock yang Pernah Mengalami Cedera Suara

Ilustrasi musik dan anak (Foto: Dok. Pixabay)
Menjadi seorang vokalis band rock ternyata memiliki risiko tersendiri. Keseringan bernyanyi dengan suara yang cenderung berteriak dan lantang dengan intensitas yang sering, dapat membuat mereka berpotensi untuk mengalami cedera suara.
ADVERTISEMENT
Jam terbang yang tinggi nampaknya tidak mampu membuat para rocker terhindar dari potensi cedera tersebut. Buktinya, beberapa vokalis band rock yang cukup ternama di dunia juga pernah beberapa kali mengalami hal yang sama.
Lalu, siapa saja vokalis yang pernah mengalami hal tersebut? kumparan (kumparan.com) punya rangkuman tentang empat vokalis rock yang pernah mengalami cedera suara sepanjang kariernya.
1. Matt Tuck
Loading Instagram...
Vokalis Bullet for My Valentine ini sempat mendapat pemberitaan yang kurang baik tentang kondisi kesehatannya saat proses rekaman album studio kedua mereka yang bertajuk “Scream Aim Fire” pada 2008 lalu. Matt saat itu ternyata sedang mengalami efek pascaoperasi amandel.
Dilansir Billboard, Matt mengungkapkan bahwa dirinya sempat tidak mampu bernyanyi seperti biasanya selama sembilan bulan. Namun, dalam sebuah wawancara dengan Westword, kejadian itu justru membuat dirinya berlatih untuk bernyanyi dengan lebih baik.
ADVERTISEMENT
“Saya mengalami tonsilektomi. Ada saat sekitar sembilan bulan saya tidak bisa menyanyikan sebuah nada,” ucapnya.
“Ketika saya berhasil mengangkat amandel itu, saya menjalani pelatihan vokal, bahkan sebelum itu, terapi bicara. Jadi saya telah belajar bagaimana melakukan itu dengan semestinya daripada (hanya) secara natural, yang notabene saya lakukan selama bertahun-tahun,” tambahnya.
2. Oliver Sykes
Loading Instagram...
Frontman band cadas asal South Yorkshire, Inggris, Oliver Sykes dari Bring Me The Horizon (BMTH) juga pernah mengalami hal yang hampir serupa dengan Matt. Oli dikabarkan pernah menderita laryngitis akut saat sedang menjalani tur pada 2016 silam.
Dilansir Altpress, karena cedera yang dialami Oli, BMTH bahkan harus sampai membatalkan sisa dua konser mereka yang seharusnya dilaksanakan di Australia, serta Selandia Baru.
ADVERTISEMENT
Menurut pernyataan pembatalan konser yang di buat band tersebut pada saat itu, Oli terinfeksi virus yang menyebabkan dirinya bahkan sulit untuk berbicara
“Oli terkena infeksi virus yang menyebabkan tenggorokannya menjadi sangat terinfeksi dan bahkan sulit untuk berbicara, apalagi bernyanyi,” tulis pengumuman tersebut.
3. Matt Shadows
Loading Instagram...
Siapa yang tidak kenal rocker yang satu ini? Vokalis band hard rock Avenged Sevenfold, Matt Shadows, ini memang dikenal memiliki riwayat cedera pita suara selama karier bermusiknya. Suara matt yang memiliki karakter lantang yang khas itu bahkan sempat membuat dirinya beberapa kali menjalani operasi karena cedera yang ia alami.
Dilansir Blabbermouth, salah satu cedera suara paling krusial yang pernah Matt alami ialah pada tahun 2002. Sebab, pada saat itu, Matt dan Avenged Sevenfold akan menghadapi proses rekaman album ketiga mereka yang berjudul “City of Evil”. Namun, Matt pada saat itu justru harus menjalani operasi tenggorokan, dan kehilangan lima nada dari suaranya.
ADVERTISEMENT
Meskipun mengalami hal yang kurang mengenakkan, dari pengalaman tersebut Matt justru mengaku kalau dirinya jadi dapat belajar teknik bernyanyi yang lebih tepat dari sebelumnya.
“Saya menjalani operasi tenggorokan pada 2002, kalau tidak salah. Hal tersebut memakan waktu hingga berbulan-bulan (sampai akhirnya nada yang hilang kembali),” jelasnya.
“Setelah saya menemui pelatih vokal, saya sadar semua hal yang saya lakukan sebelumnya salah…seharusnya tidak sakit saat kamu bernyanyi. Jadi saya belajar banyak dari dia dan masih menggunakan jasanya sampai saat ini,” tambahnya.
4. Matt Heavy
Loading Instagram...
Vokalis Trivium, Matt Heavy, juga sempat mengalami cedera suara yang cukup parah. Suara milik penyanyi band heavy metal itu dikabarkan sempat “meledak” saat dia dan Trivium sedang berada di tengah-tengah jadwal tur keliling Amerika Serikat pada tahun 2014 lalu.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut menyebabkan Trivium terpaksa harus membatalkan beberapa konser yang sebelumnya sudah ditentukan. Karena cedera yang dialaminya, ia terpaksa harus mengistirahatkan suaranya selama berminggu minggu.
Tidak begitu jelas apa yang menyebabkan cedera tersebut menimpa Matt, namun, dalam sebuah wawancara dengan Rock Sins, kejadian tersebut sempat membuat Matt memikirkan tentang akhir dari kariernya sebagai seorang rocker. Meskipun demikian, dia jadi dapat kesempatan untuk belajar kembali teknik bernyanyi dan screaming.
“Meledakkan suara saya dan memikirkan apakah karier saya sudah usai adalah salah satu hal terbaik yang pernah terjadi kepada saya, karena ini membuat saya menjadi harus melatih, belajar, serta membangun ulang (cara) menyanyi dan screaming saya,” jelasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan