Pencarian populer
16 September 2018 22:46 WIB
2
0

5 Etiket yang Harus Diterapkan dalam Bermedia Sosial

Ilustrasi Media Sosial (Foto: Dok. Pixabay)

Keberadaan media sosial kini nampaknya menjadi salah satu yang sulit dipisahkan dari keseharian kita. Media sosial dapat dengan mudah menghubungkan orang yang jauh dan sudah lama tidak kita temui dalam beberapa tahun.

Meskipun media sosial mampu menghilangkan batasan waktu dan jarak, sayangnya, media sosial juga kerap memunculkan permasalahan. Mulai dari menyebarnya isu yang belum jelas juntrungannya, hingga cyberbullying yang dilakukan oleh khalayak ramai di jagat maya.

Agar tidak terlibat dalam kasus dan terjerat efek negatif media sosial, dikutip dari Thought Catalog, setidaknya kamu bisa menerapkan lima etiket ini di ranah media sosial.

1. Jangan umbar masalah hubungan

Ilustrasi perkelahian antar pasangan (Foto: Thinkstock)

Tidak ada yang peduli apakah hubungan kamu dengan pasanganmu sedang dalam masalah atau tidak. Sebisa mungkin, diskusikan dulu dengan pasangan agar dapat solusi dan jangan bawa masalah itu ke media sosial.

Masalah hubungan, seharusnya menjadi ranah pribadi yang tak perlu diumbar di media sosial.

2. Jangan menjelekkan rekan kerja atau atasan

Membuat status atau postingan yang menjelek-jelekkan rekan kerja atau atasan hanya akan membuat kamu jadi ‘sorotan’ tehadap apa yang sedang terjadi. Selain itu, postinganmu tersebut dapat menciptakan sentimen dan perasaan negatif dari orang-orang yang kamu kenal.

3. Tidak rasis

Rekam jejak digital bukan tidak mungkin masih bisa terlacak hingga kapan pun. Maka dari itu, sebelum kamu memposting sesuatu, ada baiknya kamu berpikir ulang apakah hal tersebut akan membawa dampak buruk atau tidak untukmu ke depannya.

Gelies Parsiela, Operations Manager dari kumparan.com mengatakan, dirinya dan tim terlebih dulu melakukan riset terhadap media sosial sebelum merekrut seorang karyawan. Dia menyebut, tim rekrutmen kumparan tidak akan mempekerjakan seseorang yang bersifat rasis.

“Lebih jangan rasis aja sih, maksudnya kayak posting ujaran kebencian berdasarkan ras atau menyinggung sara,” ujarnya.

4. Jangan melecehkan orang lain

Bullying yang dialami oleh remaja (Foto: Thinkstock)

Tidak ada orang yang suka dilecehkan. Semakin buruk kamu melontarkan komentar kasar terhadap orang lain di media sosial, semakin buruk pula image yang kamu tunjukkan.

Melontarkan kalimat yang sangat ofensif dan bernada pelecehan hanya akan membuat kamu makin terlihat tidak mampu menghargai orang lain.

5. Tidak memamerkan kekayaanmu

Tidak perlu ada yang tahu berapa banyak uang yang kamu hasilkan. Selain tidak etis dan tidak penting, masih banyak kok cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mensyukuri kesuksesan kamu tanpa harus pamer.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Kamis,23/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22