kumparan
20 Apr 2018 15:30 WIB

5 Fakta Bidikmisi: Gratis hingga IP yang Dipantau Tiap Semester

Kuliah. (Foto: Thinkstock)
Buat kamu yang kemarin belum beruntung di jalur SNMPTN, jangan berkecil hati, ya. Sebab, masih ada lagi jalur lain yang bisa kamu ikuti untuk kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit, yakni SBMPTN dan Bidikmisi.
ADVERTISEMENT
Nah, buat yang belum tahu, Bidikmisi salah satu kesempatan emas bagi seluruh pelajar di Indonesia, yang nggak mampu dalam sisi finansial, untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Serunya lagi, jika kamu berhasil di Bidikmisi, akan ada sejumlah keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Berikut lima fakta tentang Bidikmisi yang wajib kamu tahu.
Bidikmisi gratis
Ilustrasi mahasiswa (Foto: Pixabay)
Ini dia keuntungan yang bisa didapat jika kamu berhasil lolos dalam Bidikmisi. Jadi, pendaftaran Bidikmisi enggak dikenakan biaya pendaftaran, bahkan dibebaskan dari segala biaya selama kuliah sampai lulus.
Selain itu, dilansir situs resmi Bidikmisi, nantinya, kamu juga akan mendapat subsidi biaya hidup sedikitnya Rp 650 ribu per bulan, yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing-masing wilayah.
ADVERTISEMENT
Namun, jika ada pihak yang memungut biaya ke calon pendaftar, pendaftar, atau penerima Bidikmisi, kamu bisa melaporkannya langsung ke bidikmisi@dikti.go.id.
Pendaftaran Bidikmisi harus online
Siswa ikuti ujian nasonal berbasis komputer. (Foto: ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)
Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online untuk memberikan keleluasaan akses terhadap pendaftaran di seluruh negeri. Hal ini diharapkan agar enggak ada lagi diskriminasi terhadap akses mendaftar program ini.
Penerima Bidikmisi enggak boleh daftar lagi di tahun selanjutnya
Masuk ke kampus baru (Foto: Thinkstock)
Sebelum mendaftar, pastikan kamu sudah memperiapkan semuanya dengan baik, mulai dari jurusan hingga PTN yang dituju. Sebab, penerima Bidikmisi enggak diperkenankan mendaftar Bidikmisi kembali di tahun selanjutnya, baik itu di PTN yang sama atau yang lain.
Sementara itu, dalam hal pindah prodi, kamu harus mengikuti ketentuan masing-masing PT. Itu sebabnya, kamu harus berkonsultasi dengan bagian kemahasiswaan akademik PTN terkait.
ADVERTISEMENT
Cair dana Bidikmisi bisa dicek online
Persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (Foto: Antara/M Agung Rajasa)
Sistem pencairan dana telah disempurnakan dengan melalui proses online yaitu di http://sipbesar.ristekdikti.go.id. Kamu bisa isikan informasi pribadi untuk mengetahui perkembangan pencairan. Jika data enggak ditemukan berarti memang belum diproses oleh PTN yang bersangkutan.
IP kamu akan diawasi tiap semester
Ilustrasi nilai menurun. (Foto: Thinkstock)
Begitu sudah lolos Bidikmisi, kamu enggak boleh santai. Sebab, setiap semester, prestasi akademik kamu akan dimonitor. Bahkan ada IP minimum mahasiswa, yakni 2,75.
Bentuk monitoringnya bermacam-macam, salah satunya adalah mengisi formulir yang berisi data tentang IP tiap semester, organisasi yang diikuti, hingga prestasi yang kamu dapat selama kulilah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·