kumparan
20 Feb 2018 17:12 WIB

5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Stres Selama Menganggur

Stres (Foto: Thingstock)
Rasa jenuh dan bosan pasti ada saat kita enggak punya banyak aktivitas untuk dilakukan. Terlebih lagi untuk kamu yang baru saja lulus kuliah, namun masih belum juga mendapat pekerjaan.
ADVERTISEMENT
Karena hal ini, sebagian besar dari kita banyak yang enggak percaya diri, merasa minder, atau bahkan stres karena masih saja menganggur. Kalau kamu sedang ada di tahap ini, sebaiknya buang jauh-jauh perasaan tersebut.
Sebab, ada banyak kerugian jika kamu depresi berkepanjangan. Daripada berlarut-larut dalam kesedihan dan rasa cemas, lebih baik kamu melakukan lima hal berikut ini untuk mengatasi stres selama menganggur, seperti yang dilansir Her World.
1. Bersikap senang
Buku bisa membuat bahagia (Foto: Thinkstock)
Jangan jadikan hal ini sebagai sebuah beban yang berat. Kamu harus melihat dari sudut pandang yang berbeda. Seenggaknya, ada beberapa hal yang bisa kamu nikmati. Beberapa di antaranya adalah kamu bisa bangun siang dan enggak perlu khawatir dengan telepon dari atasan. Anggap saja ini sebagai momen kebahagiaan yang harus disyukuri.
ADVERTISEMENT
2. Ciptakan hobi baru
com-Traveling Naik Kereta (Foto: Thinkstock)
Apakah kamu seseorang yang hobi belanja dan mengikuti tren fashion terbaru? Jika iya, hal ini bisa kamu jadikan sebagai hobi baru. Cobalah untuk mengambil kursus menjahit di dekat rumah dan membuat baju dengan model sendiri. Lewat cara ini, kamu tetap bisa jadi orang yang produktif.
3. Buat pekerjaan paruh waktu
Barang fashion populer di online shop (Foto: Blanja.com)
Kamu bisa memulainya dengan mengumpulkan beberapa barang yang masih layak jual tapi sudah enggak terpakai lagi dan menjualnya di beberapa akun toko online. Hanya butuh waktu beberapa menit, kamu bisa menghabiskan waktu dengan kegiatan bermanfaat dan juga menghasilkan keuntungan.
4. Berjalan-jalan di lingkungan sekitar rumah
Ilustrasi berjalan (Foto: Thinkstock)
Terjebak di dalam rumah selama satu hari penuh bisa membuat kamu stres dan frustasi. Untuk mengatasinya, coba pergi keluar rumah hanya untuk mengunjungi tempat nongkrong atau kafe favorit kamu.
ADVERTISEMENT
5. Berolahraga
Ilustrai Olahraga Pagi (Foto: Dok.Pixabay)
Kamu bisa menghabiskan waktu selama beberapa jam untuk berolahraga selama 3 sampai 5 kali dalam seminggu. Selain bisa membuat pikiran dan jiwa tenang, olahraga juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh kamu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan