Pencarian populer

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Jika Lulus SNMPTN 2019

Lulus SNMPTN harus apa? Foto: Istimewa

Siapa, nih, yang deg-degan saat tahu pengumuman hasil SNMPTN 2019 maju satu hari?

Yap, pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang awalnya dijadwalkan Sabtu (23/3), dipercepat menjadi Jumat (22/3) pukul 16.00 WIB.

Percepatan pengumuman ini dilakukan untuk memberi kesempatan bagi siswa yang enggak lulus SNMPTN untuk mendaftarkan diri ikut UTBK gelombang satu.

Berdasarkan data dari LTMPT, dari 778,891 peserta yang layak daftar SNMPTN, terdapat 478.070 peserta yang pendaftarannya sudah terfinalisasi. Nantinya, mereka akan memperebutkan total kuota jalur SNMPTN yang tersedia sebanyak 97.000 untuk 85 PTN. Bisa jadi, nama kamu ada di antaranya, kan?

Nah, kalau Jumat nanti nama kamu dinyatakan lulus dan tertera di laman snmptn.ac.id, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Ini beberapa di antaranya.

1. Sujud syukur

Religius atau enggak, rasa-rasanya kamu patut bersyukur deh! Karena, kamu adalah manusia terpilih yang beruntung telah berhasil lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mengalahkan ratusan ribu pendaftar lainnya. Masa iya, lupa mengucap syukur kepada Tuhan?

Begitu terima pengumuman lulus SNMPTN 2019, kamu wajib memberitahu papa, mama, guru, dan sahabat terdekat yang selama ini mendukung kamu dan enggak henti mendoakan kelulusan kamu. Sudah seharusnya mereka ikut merasakan kegembiraan setelah hari-hari penuh ketegangan menanti hasil SNMPTN, bukan?

Ilustrasi bahagia. Foto: MyDramaList

2. Jangan pamer

Eits, meski berhasil lolos SNMPTN 2019, bukan berarti kamu boleh pamer ke mana-mana. Lagipula, enggak semua orang bisa seberuntung dan sepintar kamu. Mungkin ada beberapa temanmu yang ternyata malah enggak lulus SNMPTN.

Karena lulus SNMPTN justru merupakan awal dari perjalanan panjang mengejar cita-cita di dunia nyata. Petualangan kamu sebagai mahasiswa baru alias maba baru dimulai. Masa depan masih panjang, jadi jangan cepat berpuas diri, ya.

3. Selebrasi

Yes! Setelah lulus SNMPTN dan diterima universitas negeri pilihan, bolehlah mengapresiasi diri sendiri dengan berlibur, party, atau menggelar syukuran kecil-kecilan. Penting untuk memberi penghargaan terhadap diri sendiri atas pencapaian yang berhasil kamu raih lewat kerja keras selama tiga tahun di bangku SMA. Kudos!

Joget kegirangan. Foto: dok. Youtube @This Is Barry

4. Urus verifikasi data dan administrasi

Nah, cukup dulu senang-senangnya. Sudah puas menikmati hidup, sekarang saatnya melakukan verifikasi data akademik dengan melampirkan rapor, portfolio, dan ijazah atau Surat Keterangan Tanda Lulus (SKTL) kepada PTN yang kamu tuju. Kamu wajib datang untuk registrasi ulang pada tanggal yang ditentukan. Cek semua berkas dengan teliti, ya.

5. Cari kos

Saat berkas penerimaan universitas sudah beres, kini musimnya kamu mencari kos atau tempat tinggal di area sekitar kampus. Ini merupakan part seru sekaligus mendebarkan, khususnya kamu perantau yang pertama kali hidup sendiri jauh dari orang tua. Pastikan memilih kos yang nyaman dan dekat dengan lingkungan kampus, ya.

Bagi kalian yang mengikuti SNMPTN 2019 dapat melihat hasilnya di kumparan dengan mudah dan lancar di tautan ini.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: