Pencarian populer

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan saat Jadi Korban Bullying

Bullying yang dialami oleh remaja (Foto: Thinkstock)

Enggak ada satu pun dari kita yang pengin menjadi korban bully. Namun, ancaman ini nyatanya bisa menimpa siapa saja, enggak mengenal usia, ras, agama, atau status sosial kita.

Nah, kalau kamu pernah menjadi korban bullying atau bahkan sedang mengalaminya, berikut kumparan (kumparan.com) rangkum lima hal yang harus kamu lakukan.

1. Usahakan cari teman

Umumnya, para pelaku bully akan melakukan aksinya jika melihat ‘calon’ korban seorang diri dan merasa kesepian. Buat mereka, hal itu akan memudahkan meraka dalam melancarkan aksinya.

"Teman di sini adalah teman yang senasib dan pernah mengalami hal yang serupa," kata Psikolog Anak, Anna Surti Ariani, saat dihubungi kumparan (kumparan.com), Selasa (24/4).

Lebih lanjut, Anna juga menyarankan kamu untuk enggak menghadapi semua tindakan bullying ini sendirian. Sebab, kamu butuh seseorang yang bisa kamu ajak curhat terkait tindakan bullying ini. Ingat, kamu enggak sendirian.

2. Introspeksi diri

Selain mencari teman, kamu juga perlu melakukan introspeksi diri. Dalam hal ini, kamu perlu melakukan evaluasi terhadap diri kamu sendiri, apakah kamu pernah melakukan kesalahan sehingga membuat orang lain akhirnya membully kamu atau enggak.

"Kalau sudah introspeksi dan merasa enggak ada yang salah dengan diri kamu, berarti kamu jangan pasrah gitu aja, kamu harus membela diri kamu sendiri," lanjut Anna.

3. Kamu enggak boleh tinggal diam

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kamu enggak boleh diam saja ketika ada seseorang yang sedang berusaha 'menindas' kamu. Hal yang perlu kamu lakukan adalah melawannya. Sebab, enggak ada satu orang pun yang berhak menyakiti kamu.

4. Yakinkan dirimu kalau kamu bisa mengalahkan mereka

Kalau kamu sudah berusaha melawannya, yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah meyakinkan diri kamu bahwa kamu bisa melalui semua 'ujian' ini sendiri. Selain itu, kamu juga harus tetap berpikir positif dan bangga pada diri kamu, karena kamu bisa tetap tegar menghadapi masalah ini.

5. Minta bala bantuan

Kalau kamu enggak sanggup untuk menghadapi semuanya sendiri, sudah saatnya kamu meminta bantuan dari orang-orang terdekat, seperti teman atau orang tua kamu.

"Misalnya kalau ada yang malak kita, kita harus cari teman agar enggak dipalak atau supaya kamu enggak digangguin lagi. Tapi kalau kamu kena cyberbullying, kamu harus cari teman supaya bisa membalas komentar-komentar pedas dari orang-orang yang menindas kamu," tutupnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: