Pencarian populer

5 Hal yang Harus Segera Kamu Lakukan Setelah Putus Cinta

Ilustrasi sedih. Foto: Shutter Stock

Dipungkiri atau enggak, putus cinta itu enggak enak. Entah kamu yang diputusin atau memutuskan hubungan, masa-masa setelah putus dari pacar menjadi momen yang enggak menyenangkan.

Enggak jarang juga di waktu ini, kamu merasa bingung, ngawang, dan seakan tanpa arah. Kamu enggak tahu apa yang harus dilakukan karena kebiasaanmu ketika masih punya pacar, pasti akan berubah setelah kini kamu hanya seorang diri.

Tapi sebenarnya ada, kok, beberapa hal yang bisa kamu lakukan, dan justru harus segera kamu lakukan. Simak di bawah ini, ya!

  1. Kontrol emosi

Kalau mantan kamu masih enggak bisa menerima hubungan kalian telah berakhir, sampai bikin utas di Twitter dengan judul 'Pengalamanku Pacaran 3 Tahun dan Diputusin di Depan Pohon Mangga', ada baiknya kamu mengontrol emosi dan cuekin aja.

Kamu juga enggak perlu, tuh, menjelaskan kepada teman-teman atau keluarga alasan putus. Kalau kamu memang enggak pengin membahasnya, bilang aja dengan jawaban standar seperti, "Ya, mungkin memang sudah saatnya putus". Atau bisa juga alihkan pembicaraan ke topik yang lebih berbobot seperti harga bawang putih yang makin mahal menjelang bulan puasa.

  1. Singkirkan barang-barang yang mengingatkanmu kepada mantan

Ngomongin putus cinta, enggak boleh lupa sama yang namanya 'closure' alias penyelesaian. Penyelesaian ini enggak bisa kamu dapatkan dari orang lain, kecuali dirimu sendiri.

Karena itu, kalau kamu merasa masih ada perasaan-perasaan yang menyangkut tiap kali melihat barang pemberian mantan, foto, atau obrolan yang masih tersimpan di smartphone, singkirkanlah mereka semua.

  1. Menangislah bila harus menangis

Walaupun air mata kamu enggak bisa berubah jadi mutiara, janganlah ragu untuk menangis, gaes! Just feel all the feels!

Karena, terus-menerus memendam perasaan justru enggak baik, lho, bagi kesehatan. Menangis dan melepaskan emosi juga bisa membantumu untuk merasa lebih baik nantinya.

  1. Stop stalking!

Selanjutnya yang paling penting adalah jangan pernah coba-coba untuk mengecek media sosial mantan. Mungkin poin keempat ini yang paling sulit dilakukan. Apalagi kalau kamu berteman dengan mantan di semua media sosial, dan sudah menjadi kebiasaan untuk bertukar meme dan saling mengirimkan direct message.

Tapi serius, deh, kalau kamu merasa belum siap dengan perasaan-perasaan yang akan kembali muncul saat melihat media sosial mantan, mendingan jangan. Jika perlu kamu mute atau block aja sekalian, untuk memberikan jarak antara kamu dan dia, baik di dunia nyata dan di dunia maya.

Ingat, kalau enggak mau sakit hati, mending enggak usah tahu. Oke? Sip!

  1. Jangan lupakan self-love

Setelah selesai menangis, galau, dan memikirkan masa lalu, sekarang saatnya untuk menyayangi dirimu. Lakukan hal-hal yang membuatmu bahagia. Ikut komunitas atau menjadi relawan di kegiatan sosial yang bisa menambah pengalaman serta teman.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.61