Pencarian populer

5 Jenis Pekerjaan Online yang Cocok untuk Fresh Graduate

com-Ilustrasi seorang sarjana Foto: Shutterstock

Sudah bukan rahasia lagi kalau internet menjadi ladang mata pencaharian yang kini semakin populer di kalangan milenial — terutama mereka yang baru lulus kuliah (fresh graduate).

Ada banyak peluang untuk mendapatkan penghasilan dari booming internet. Peluang ini tentu bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah sembari menunggu panggilan kerja dari perusahaan. Jika kamu termasuk salah satu orang yang melirik kesempatan ini, berikut beberapa pilihan pekerjaan online yang bisa kamu coba.

1. Mengais Rezeki Sebagai Seorang Blogger

com-Ilustrasi Seorang Blogger Foto: Shutterstock

Menjadi blogger adalah salah satu cara mendapatkan penghasilan yang tengah hype. Tidak ada syarat khusus untuk menekuni pekerjaan ini. Cukup memiliki blog pribadi, bisa menulis, dan berbagi informasi kepada banyak orang. Jika ketiga syarat ini sudah kamu kantongi, kamu bisa mendapat penghasilan dari iklan yang dipasang di blog dan komisi afiliasi — mempromosikan suatu produk atau usaha orang lain.

2. Menjajal Dunia Digital Marketing

Digital marketing memungkinkan siapa pun — termasuk para fresh graduate — bisa terjun di dalamnya. Meski pekerjaan ini cukup luas dan ‘bercabang’, untuk implementasinya relatif mudah dilakukan. Cukup bergabung dengan marketplace untuk para freelance digital marketing, memiliki komputer atau laptop, dan koneksi internet yang memadai.

Kerjakanlah brief yang diberikan marketplace digital marketing tersebut, yang umumnya berupa sebuah konten (tulisan). Tujuannya membangun brand awareness dan menjawab kebutuhan pelanggan. Dari situ kamu akan mendapatkan komisi. Semakin banyak kamu mengerjakan konten, semakin banyak penghasilan yang kamu dapatkan.

3. Web Developer yang Banyak Dicari

com-Ilustrasi seorang Web Developer Foto: Shutterstock

Web Developer merupakan seseorang yang berhubungan dengan pembuatan suatu website dengan menggunakan bahasa pemrograman. Tidak bisa dipungkiri web developer menjadi posisi pekerjaan yang sangat prestisius. Di tengah hype bisnis yang serba digital, posisi ini sangat dibutuhkan.

Profesi ini tidak melulu harus dari jurusan Teknologi Informasi (IT) karena jika kamu memiliki pengetahuan dasar mengenai web developer, tidak ada salahnya mencoba peruntungan untuk menekuni bidang yang penghasilannya cukup menggiurkan ini.

4. Influencer, Pekerjaan yang Paling Diincar Milenial

com-Influencer Foto: Shutterstock

Punya akun Instagram dengan banyak followers? Kenapa tidak kamu manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan? Kedua syarat ini bisa menjadikan kamu influencer. Tak hanya mendapatkan pundi-pundi rupiah, kamu juga bisa ikut terkenal layaknya artis yang memiliki penggemar.

Pekerjaan ini memang menjadi trend di kalangan anak muda yang kekinian. Hanya dengan membuat feeds instagram yang menarik, kamu bisa mendapatkan penghasilan dari endorsement yang datang.

5. Bermodal Kamera, Kamu Bisa Dapatkan Penghasilan

com-Ilustrasi YouTuber Foto: Shutterstock

Bagi kamu yang punya ide-ide keren dan hobi bikin video, YouTuber menjadi profesi yang tepat untuk kamu tekuni. Selain mendapatkan penghasilan, kamu juga bisa menjadi terkenal. Tidak banyak syarat, hanya bermodalkan kamera profesional atau kamera smartphone dan ide video yang menarik dan berkualitas. Semakin kamu kreatif, semakin banyak subscribers dan brand yang tap-in di channel YouTube kamu.

Berkembangnya teknologi tidak hanya mempermudah aktivitas saja tetapi juga mempermudah seseorang mendapatkan penghasilan atau pekerjaan. Tentu selain dukungan gadget, internet yang berkualitas juga diperlukan. Smartfren kini hadir dengan Internet Super 4G kuota mulai 2 ribu per GB, cocok banget buat kamu yang akan menekuni pekerjaan ini.

Kuota bisa kamu gunakan untuk semua smartphone 4G, dan juga bisa digunakan di modem Wifi. Kuota murah dan berlimpah hanya ada di Smartfren! Klik di sini untuk info lengkapnya dan saksikan webseries: Milenial Males Jadi Miliuner persembahan Smartfren untuk menyemangati kamu yang sedang mencari pekerjaan.

Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan Smartfren.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Jumat,24/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22