kumparan
30 Mei 2018 19:10 WIB

5 Kampus Luar Negeri yang Mengadakan Buka Puasa Bersama

Ilustrasi kampus. (Foto: Pixabay)
Jika kamu tinggal di Indonesia, mengadakan acara buka bersama (bukber) merupakan hal yang lumrah dan mudah ditemui. Namun, lain halnya jika kamu menjadi seorang perantau di luar negeri, acara bukber seperti ini akan sulit untuk ditemui.
ADVERTISEMENT
Namun ternyata, lima kampus luar negeri ini juga mengadakan acara buka puasa bersama saat bulan Ramadhan. Meskipun beberapa di antara kampus ini mayoritasnya bukan beragama Islam. Di mana saja ya?
1. Australian National University (ANU)
Universitas yang berlokasi di Canberra ini rutin mengadakan kegiatan buka puasa bersama saat bulan Ramadhan. Acara ini dikoordinir oleh organisasi yang diberi nama AIMF-ACT (Association of Indonesian Muslim FoundationAustralian Capital Territory). Menurut salah satu mahasiswa asal Indonesia yang berkuliah di ANU, rata-rata 200 hingga 300 orang hadir dalam acara tersebut.
"Alhamdulillah ramai yang datang termasuk warga non-Indonesia" kata Nour, saat dihubungi kumparan, pada Senin (28/5).
2. Pharos University in Alexandria
Pharos University in Alexandria (Foto: Dok. Pua Edu)
Kampus selanjutnya yang mengadakan acara buka puasa bersama adalah Pharos University in Alexandria. Kampus yang terletak di Mesir ini, pernah mengadakan acara buka puasa bersama sekaligus ajang silaturahmi bagi para alumni Fakultas Teknik.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari laman resminya, kegiatan ini dihadiri oleh 65 alumni teknik dari semua departemen, hingga sejumlah staff dan para pengajar.
3. Western Sydney University
Western Sydney University (Foto: Dok. Westernsydney)
Universitas yang terletak di Western Sydney, New South Wales, Australia, ini juga sering menyelenggarakan kegiatan buka puasa bersama. Dikutip dari laman resminya, pada Juni 2015 lalu UWS pernah mengadakan kegiatan buka puasa bersama yang dihadiri lebih dari 300 tamu undangan.
4. University of Tasmania
University of Tasmania (Foto: Dok. Utas Edu)
Kegiatan buka puasa bersama di kampus ini diselenggarakan oleh Association of Launceston. Tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa dan staff kampus, acara buka puasa bersama ini juga terbuka untuk umum.
Dikutip dari laman Universitas of Tasmania, kegiatan tersebut merupakan bagian dari serangkaian acara yang diadakan Kampus Newnham sepanjang bulan Ramadhan. Biasanya komunitas muslim di kampus tersebut akan mengadakan kegiatan serupa setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat.
ADVERTISEMENT
5. University of Wollongong Australia
University of Wollongong Australia (Foto: Dok. Uow Edu)
Kampus selanjutnya yang sering mengadakan kegiatan buka puasa bersama adalah University of Wollongong (UOW). Pada tahun keenamnya yang diselenggarakan 21 Mei lalu, kegiatan ini memiliki misi khusus yaitu mempertemukan 120 tokoh masyarakat dari beragam latar belakang budaya dan agama.
Acara yang diselenggarakan Affinity Intercultural Foundation Wollongong (AIFW) dan Amity College ini juga ingin membuat para perserta semakin memperkuat koneksi dan persahabatan.
Selain diisi dengan agenda makan bersama, kegiatan ini juga diisi dengan pidato dan beragam hiburan dari mahasiswa Amity College dan alumni UOW.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan