Pencarian populer

5 Kebaikan Sederhana Ini Bisa Buat Kamu Jadi Pahlawan Kebahagiaan Lho!

com-Ilustrasi kebaikan Foto: Shutterstock

Percayakah kamu kalau sebuah kebaikan sederhana bisa menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang lain? Jika masih meragukannya, cobalah jadi pahlawan kebahagiaan dan lakukan sebuah kebaikan setiap hari. Dari situ, kamu bisa melihat bagaimana raut bahagia terpancar dari orang lain, yang akhirnya memberikan aura positif bagi dirimu sendiri.

Menebarkan kebaikan bisa dilakukan kapan saja dan oleh siapa saja, termasuk dirimu sendiri dengan menjadi seorang pahlawan kebahagiaan. Banyak kebaikan yang bisa kamu lakukan setiap harinya, mulai dari yang paling sederhana hingga yang memberikan dampak sosial nyata bagi masyarakat sekitar. Kebaikan apa yang bisa kamu lakukan setiap harinya? Simak ulasannya berikut ini:

1. Tersenyum dan menyapa ketika berpapasan

com-Ilustrasi tersenyum Foto: Shutterstock

Ada sebuah kebaikan paling sederhana yang bisa kamu lakukan setiap hari tanpa harus mengeluarkan usaha apapun: tersenyum dan menyapa. Saking mudahnya, kamu bisa melakukan kebaikan ini di mana pun atau dengan siapa pun, bahkan orang yang tidak dikenal sekalipun.

2. Membantu orang tua menyeberang atau memberikan jalan

Jika tinggal di kota besar, kamu pasti tahu bagaimana padatnya lalu-lintas setiap harinya. Tidak hanya itu, banyak pula pengendara yang memacu kendaraannya cukup kencang, hingga membuat para orang tua kesulitan menyeberang jalan. Ketika memiliki kesempatan, bantulah mereka untuk menyeberang jalan, atau berikanlah jalan sejenak ketika kamu sedang berkendara.

3. Memberi makanan kepada yang membutuhkan

com-Ilustrasi kukis chip Foto: Shutterstock

Ketika memiliki rezeki lebih, tidak ada salahnya kalau kamu menyisihkan sedikit untuk memberi makanan kepada mereka yang membutuhkan. Tidak harus makanan berat seperti nasi kotak, kamu juga bisa berbagi makanan ringan seperti biskuit ataupun snack.

4. Beri tip kepada orang yang telah kamu gunakan jasanya

Tanpa disadari, setiap harinya kamu dibantu oleh beberapa orang yang menawarkan jasanya. Misalnya, ojek online yang membantumu sampai ke tempat tujuan dengan selamat, atau tukang parkir yang membantu mencarikan tempat parkir untuk kendaraanmu, atau pramusaji yang menyajikan makanan dengan on-time.

Untuk memberikan sedikit “penghargaan” terhadap mereka, kamu bisa menyisipkan tip atau uang tambahan. Selain itu, kamu juga bisa memberikan makanan ringan seperti biskuit yang bisa menjadi pengganjal di kala lapar. Walaupun terlihat sederhana, namun hal tersebut bisa menjadi kebahagiaan tersendiri bagi mereka.

5. Lakukan aksi sosial yang nyata

com-Ilustrasi berdonasi untuk orang yang membutuhkan Foto: Shutterstock

Ingin melakukan sebuah kebaikan yang memiliki dampak nyata bagi lingkungan sekitar? Kamu bisa mengambil contoh dari kisah seorang juru parkir yang membangun sekolah gratis untuk 100 anak. Sejak tahun 2012, Kang Jack bersama istri telah membangun sebuah TK merangkap TPA gratis bagi anak-anak yang membutuhkan. Kini, kebaikan Kang Jack pun mendapat perhatian dari banyak orang, hingga membuatnya dapat membangun sekolah tiga lantai bagi anak-anak.

Ada banyak kebaikan yang bisa kamu sebarkan setiap harinya. Yuk, jadilah pahlawan kebahagiaan, dan buat senyuman di wajah orang lain dengan kebaikanmu hari ini.

Supported by Good Time, Kukis Chip Nomor 1 Indonesia*

Menurut data Nielsen Retail Audit, Good Time berada di peringkat pertama dalam nilai penjualan kukis chip di Indonesia pada periode Desember 2017 - November 2018.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53