kumparan
22 Mei 2018 16:09 WIB

5 Kegiatan yang Biasa Diadakan saat Pesantren Kilat

Ilustrasi pesantren (Foto: Getty Images)
Sebagai salah satu agenda rutin yang diadakan setiap Ramadhan, setiap sekolah biasanya mengadakan pesantren kilat (sanlat) dan memasukkannya dalam program yang wajib diikuti oleh para pelajar.
ADVERTISEMENT
Meskipun singkat, kegiatan sanlat pada dasarnya sama yaitu, menerapkan tata cara dan pola kehidupan anak-anak di pesantren. Selain diisi dengan serangkaian kegiatan keagamaan, sanlat juga menghadirkan alternatif kegiatan lain agar para peserta tidak merasa bosan saat menjalaninya. Apa saja?
1. Salat berjemaah
Ilustrasi salat berjamaah (Foto: Aditia Noviansyah)
Enggak hanya salat wajib lima waktu yang berjemaah, terkadang, ada pula sekolah yang mengadakan salat tarawih berjemaah. Selain meningkatkan rasa kebersamaan, pahala yang akan didapatkan juga berkali lipat jika melakukan salat berjemaah.
2. Mendengarkan ceramah
Sesi mendengarkan ceramah dari guru agama atau Pak Ustaz juga jadi agenda wajib saat mengikuti sanlat. Tak luput, para peserta juga diberi tugas untuk merangkum inti pemaparan yang disampaikan oleh guru agama atau Pak Ustaz. Hasil rangkuman tersebut biasanya akan masuk sebagai nilai untuk mata pelajaran Pendidikan Agama.
ADVERTISEMENT
Selain ceramah yang berkenaan dengan Ramadhan atau nilai keagamaan, biasanya sekolah juga memfasilitasi sesi renungan bersama atau yang lebih dikenal dengan ESQ. Para peserta biasanya diperlihatkan video dan diberi motivasi agar menjadi pribadi yang lebih baik.
3. Lomba
Al Quran (Foto: Pixabay)
Supaya kegiatan pesantren kilat tidak membosankan, sekolah juga mengadakan lomba yang bisa diikuti dengan mengirim perwakilan dari tiap kelas. Lomba yang diselenggarakan tentu masih berkenaan dengan nilai keagamaan. Mulai dari lomba adzan, nasyid, ceramah, hingga pembacaan ayat suci Al-Quran.
4. Penghargaan untuk peserta
Agar para peserta yang datang dan mengikuti sanlat termotivasi, di akhir rangkaian acara biasanya pihak sekolah memberi penghargaan bagi peserta yang dinilai aktif. Mereka akan mendapat sertifikat dengan tulisan yang tertera sebagai peserta terbaik. Selain sertifikat, peserta terbaik tersebut juga akan dapat nilai tambahan untuk mata pelajaran pendidikan agama dan perilaku.
ADVERTISEMENT
5. Buka puasa bersama
Ilustrasi Buka Puasa Bersama (Foto: Thinkstock)
Nah, ini dia yang paling ditunggu saat sanlat! Momen buka puasa bersama jadi saat yang paling menyenangkan karena menyantap makanan bersama teman-teman bisa mempererat hubungan. Meski makanan sudah disediakan dari pihak sekolah, tidak sedikit juga para peserta yang membawa bekal dari rumah untuk disantap bersama yang lainnya. Momen buka puasa jadi terasa lebih nikmat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan