kumparan
28 Jun 2018 13:10 WIB

5 Keuntungan yang Didapat jika Kamu Aktif di Kegiatan Ekskul

Pertunjukan seni pelajar Indonesia di China. (Foto: Dok. PPIT Xiamen)
Sebagian besar dari kita pasti akan malas-malasan saat diminta untuk mengikuti sebuah kegiatan ekskul. Enggak jarang, kita gabung di satu ekskul tertentu hanya untuk mendapatkan nilai sekaligus memenuhi salah satu syarat kenaikan kelas.
ADVERTISEMENT
Padahal, nih, ada banyak banget keuntungan yang bisa kita dapat jika kita aktif di kegiatan ekskul. Enggak percaya? Berikut lima keuntungan yang didapat jika kamu aktif di kegiatan ekskul.
1. Belajar hal baru
Belajar pantau hilal (Foto: Ari Bowo Sucipto/Antara)
Satu hal yang perlu kamu tahu, belajar enggak melulu harus di dalam kelas. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan ilmu baru, salah satunya adalah dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler atau ekskul.
Contohnya adalah dengan mengikuti ekskul paskibra. Selain baris berbaris, dengan mengikuti ekskul ini, kamu bisa melatih kedisiplinan kamu. Selain itu, dengan mengikuti kegiatan ekskul, wawasan kamu tentang dunia baru juga akan bertambah.
2. Mengembangkan hobi
Ilustrasi fotografer jalanan. (Foto: Unsplash)
Kamu hobi fotografi tapi butuh tempat untuk menyalurkannya? Well, ekskul fotografi di sekolah adalah tempat yang tepat. Dengan mengikuti ekskul foto, kamu akan mendapatkan ilmu baru di dunia fotografi.
ADVERTISEMENT
Enggak cuma itu. Nantinya, ilmu yang sudah kamu dapat juga bisa digunakan untuk keperluan sekolah, misalnya kamu bisa menjadi seksi dokumentasi pensi sekolah.
Kamu akan dapat tiket masuk gratis untuk masuk ke belakang panggung dan mendokumentasikan semua acara di sana hingga mewawancarai artis pengisi pensi. Semua hal tersebut tentu akan menambah pengalaman sekaligus portololio kamu.
3. Berkarya lebih luas
Malem Diwa mobil listrik karya mahasiswa Aceh. (Foto: Zuhri Noviandi/kumparan)
Sebagian besar dari kita pasti ingin kalau karyanya bisa dinikmati oleh banyak orang. Nah, dengan mengikuti ekskul, kamu bisa berkarya lebih luas lagi.
Contohnya buat kamu yang hobi menulis. Kamu bisa membuat majalah sekolah, mengisi mading, atau menulis naskah untuk proyek film pendek teman sekolah.
4. Bisa ikut berbagai kompetisi
Kompetisi games investasi pasar modal stocklab (Foto: Edy Sofyan/kumparan)
Ini dia yang ditunggu-tunggu. Saatnya kalian menunjukkan kemampuan yang dimiliki lewat beragam kompetisi. Dengan mengikuti kompetisi ekskul antar sekolah, kamu bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri dengan cara bersaing untuk melakukan sesuatu.
ADVERTISEMENT
”Jadi kompetisi itu mengasah kemampuan di suatu bidang. Kita bisa memenangkan sebuah kompetisi kalau kita punya semangat untuk berlatih. Kompetisi sama ekskul itu berhubungan karena ilmu yang kita dapet dari ekskul berguna saat lomba dan setelah itu kita akan dapat ilmu lagi dari kompetisi itu,” ujar Bayu, Ketua ekskul di SMAN 10 Bekasi.
Enggak berhenti sampai di situ. Dengan aktif mengikuti beragam kompetisi ekskul, kita juga akan mendapatkan berbagai sertifikat yang akan berguna saat kita kuliah atau melamar kerja nanti.
5. Mengikuti organisasi tingkat dunia
com-Belajar Bareng Teman (Foto: Thinkstock)
Semua hal besar pasti berawal dari yang kecil. Itu juga berlaku buat kamu yang aktif mengikuti ekskul. Berawal dari komunitas sekolah, enggak menutup kemungkinan kamu bisa mengikuti organisasi lain yang lebih besar, mulai dari tingkat kota, nasional, atau bahkan internasional.
ADVERTISEMENT
Siapa bilang anak sekolah enggak bisa ikut organisasi tingkat dunia? Kalian juga bisa! Mulai dari yang tingkat sekolah dulu nih, ekskul juga bisa mewadahi kalian yang mau ikut organisasi tingkat kota, provinsi, nasional, ataupun internasional.
“Ekskul punya tujuan bersama. Maka dari itu, ekskul bisa dibilang sebagai permulaan organisasi yang kecil menuju organisasi yang besar,” ujar Yoga, salah satu anggota dari Forum Anak Bekasi.
Penulis: Fanisa Maghfira / SPEAR SMAN 10 Bekasi
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·