Pencarian populer

5 Musisi Dunia yang Paling Sering Banting Gitar di Atas Panggung

Ilustrasi gitar hancur (Foto: Wikimedia Commons)

Membanting gitar sampai patah saat lagu berakhir, merupakan sesuatu yang cukup sering ditemui dalam sajian konser musik rock. Pete Townshed, gitaris band The Who, pernah mengatakan pada majalah The Rolling Stone, membanting gitar merupakan sebuah gestur yang "terjadi dalam sesaat", dan merupakan "sebuah performa tersendiri" di atas panggung.

Namun, ia bukanlah satu-satunya musisik rock yang kerap menunjukkan 'seni' membanting gitar di bagian akhir lagu. Sepanjang sejarah musik, terdapat juga beberapa musisi dunia lainnya yang sempat atau bahkan 'gemar' melakukan aksi serupa.

Siapa sajakah mereka? Berikut ini, kumparan (kumparan.com) merangkumnya dari laman Fender untuk kamu.

1. Paul Stanley

Frontman dari band KISS itu dikenal cukup 'jago' soal banting-membanting gitar. Sepanjang kariernya bersama band tersebut, tak terhitung lagi berapa jumlah gitar yang telah ia hancurkan di atas panggung.

Uniknya, gitar Stanley yang telah dimainkan atau yang hancur, ia jual secara eksklusif dengan imbuhan tanda tangan dan nama pemesan melalui laman pribadinya.

2. Kurt Cobain

Sama halnya dengan Stanley, Cobain pun merupakan salah satu nama terdepan dalam urusan menghancurkan gitar. Lebih dari itu, sasaran penghancuran Cobain bukan hanya gitar, tapi juga benda lain yang ada di sekitarnya seperti amplifier, drum, dan yang lainnya.

Cara menghancurkannya pun beragam. Pelantun 'Smells Like Teen Spirit' itu terkadang melakukannya dengan hanya membanting, terkadang mengadukannya seperti pedang, atau melemparkannya ke arah bass drum.

3. Jimi Hendrix

Musisi legendaris yang satu ini pun tak ketinggalan. Permainan gitarnya yang selalu terlihat ekspresif, tak jarang ia 'sempurnakan' dengan sebuah bantingan gitar di bagian akhir lagu.

Lebih dari sekadar membanting, Hendrix bahkan sempat terlihat membakar gitarnya di atas panggung saat tampil pada gelaran festival musik Monterey Pop, tahun 1967 silam. Aksi panggung itu terabadikan dengan apik dalam berbagai unggahan video di YouTube.

4. Oliver Ackerman

Nama Oliver Ackerman mungkin tidak se-familiar beberapa musisi sebelumnya. Namun, aksinya dalam membanting gitar saat tampil bersama A Place to Bury Strangers, tak main-main. Ditambah dengan efek-efek cahaya, Ackerman bahkan terkesan membuat aksinya tersebut seperti sesuatu yang teaterikal.

5. Billie Joe Armstrong

Frontman Green Day ini mungkin tak sesering Kurt Cobain atau Oliver Ackerman dalam melakukan aksi banting gitar, namun ada satu kejadian pada gelaran iHeart Radio Music Festival 2012 yang dikenang hingga saat ini.

Merasa tersinggung karena diperingatkan hanya memiliki waktu satu menit lagi di atas panggung, sang vokalis angkat bicara disertai sumpah serapah, yang kemudian diikuti dengan membanting ditar dan mikrofonnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Sabtu,25/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23