kumparan
22 Mar 2018 17:24 WIB

5 Studio Musik Legendaris di Berbagai Negara di Dunia

The Beatles (Foto: The Beatles/instagram)
Apabila nama Abbey Road Studios bisa menjadi sebuah legenda dalam industri musik karena merupakan lokasi rekaman bagi musisi kenamaan dunia, maka sebenarnya masih ada beberapa studio rekaman lain yang juga bisa dikatakan sebagai tempat legendaris.
ADVERTISEMENT
Berikut ini, kumparan (kumparan.com) merangkum lima studio musik legendaris di dunia dari laman Musicradar.
1. Rockfield Studios
Selain menjadi lokasi rekaman dari hits milik band legendaris Queen, 'Bohemian Rhapsody', studio yang berlokasi di daerah Monmouthshire, Wales, tersebut, juga menjadi tempat rekaman bagi Stone Roses, Manic Street Preachers, Coldplay pada periode 1990-an.
Sebelum itu, pada era 1970-an, Motörhead juga merekam beberapa karya pertamanya di studio tersebut, kemudian diikuti oleh Black Sabbath.
2. Dodd's Studio One
Meski studio ini bukan merupakan lokasi Bob Marley merekam karyanya, studio yang didirikan oleh seorang produser rekaman bernama Clement 'Coxsone' Dodd pada 1963 di Jamaika ini, merupakan tempat bagi cukup banyak musisi Jamaika untuk mengembangkan musik khas dari negara tersebut.
ADVERTISEMENT
3. The Rolling Stones Mobile Studio
Merasa lelah dengan batasan aturan jam operasi studio, Mick Jagger cs. akhirnya memutuskan untuk menggunakan rumahnya yang berada di wilayah Hampshire, Inggris, untuk melakukan proses rekaman dari karya-karya terbarunya pada saat itu.
Namun, mereka tetap saja harus memindahkan beberapa peralatan, terutama yang biasanya ada di ruang kontrol studio. Atas saran dari Ian Stewart dan beberapa masukan dari produser dan insinyur suara, mereka akhirnya membuat sebuah proyek studio dalam truk, yang kerap disebut sebagai The Rolling Stones Mobile Studio.
Selain menjadi tempat rekaman bagi The Rolling Stones, truk itu juga mejadi lokasi yang cukup 'sakral' bagi Deep Purple, Led Zeppelin, Bob Marley, dan beberapa musisi kenamaan lainnya.
ADVERTISEMENT
4. Columbia
Studio yang sudah berdiri sejak 1890-an di Washington DC ini, awalnya merupakan tempat penjualan phonograph dan silinder musik. Namun, seiring perkembangannya, studio ini kemudian menjadi tempat rekaman bagi karya-karya dari beberapa nama musisi legendaris dari Bob Dylan, Johnny Cash, serta AC/DC.
5. Trident Studios
Selain dikenal sebagai lokasi perekaman lagu 'Hey Jude' dan beberapa track pada 'White Album' milik The Beatles, Trident Studios juga dikenal sebagai studio pertama di dunia yang membuat dan menggunakan teknologi rekaman 16-track.
Studio yang berlokasi di distrik Soho, London, Inggris, ini juga kemudian diketahui sebagai tempat rekaman bagi berbagai proyek musik solo dari para personel The Beatles, termasuk John Lennon dan Yoko Ono.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·