Pencarian populer

5 Tanda Hubungan LDR Enggak Akan Bertahan Lama

Putusnya jalinan kisah romansa (Foto: Thinkstock)

Bukan rahasia lagi kalau hubungan jarak jauh alias Long Distance Relationship (LDR) tidak mudah untuk dijalani. Ada kalanya kamu mengalami masa-masa yang menyenangkan, namun terkadang sebaliknya.

Yap, tidak semua pasangan mampu melewati 'ujian' saat menjalani LDR, apalagi jika di sekitar kamu banyak yang meremehkan mengenai keberlangsungan hubungan tersebut. Makanya enggak heran, ada beberapa pasangan yang berusaha mempertahankannya meski sebenarnya hubungan tersebut sudah tidak bisa dipertahankan.

Kalau kamu ingin tahu apakah hubungan LDR kamu patut untuk dipertahankan atau tidak, yuk, simak lima tanda bahwa hubungan LDR kamu tidak akan bertahan lama lagi seperti dikutip dari Insider.

1. Kamu sudah tidak saling percaya lagi

Kepercayaan adalah kunci utama dari LDR. Pasalnya, dalam menjalin hubungan ini kamu akan jarang bertemu, medengar suara, dan kontak fisik bersamanya. Kalau kamu pernah meragukan mengenai kesetiaannya, ini berarti sebuah tanda yang kurang baik dalam hubungan kamu.

Bahkan, menurut penelitian Northwestern University dan Redeemer University College di Ontario, Kanada, mereka yang memiliki kepercayaan tinggi terhadap pasangannya cenderung bisa mempertahankan hubungannya, tak peduli di manapun mereka berada.

Sebenarnya, jarak adalah sebuah cara untuk menguji kepercayaan kamu, namun keraguan dan ketakutan dalam sebuah hubungan datang dari berbagai sumber. Kalau kamu sudah tidak mempercayai pasangan kamu, ada baiknya kamu berkomunikasi soal perasaanmu pada pasangan, dan mendengarkan pandangannya.

2. Kamu tidak merencanakan masa depan

Setiap hubungan harus memiliki rencana dan tujuan. Baik itu rencana jangka pendek, maupun panjang. Membuat perencanaan bersama pasangan kamu sebenarnya menyenangkan, dan menunjukkan bahwa kalian memiliki upaya untuk maju dan memberikan prioritas terhadap kelangsungan hubungan kalian.

Nah, kalau kamu dan pasangan tidak memiliki perencanaan mengenai masa depan hubungan kalian, itu berarti bukan pertanda baik bagi kamu dan pasangan.

3. Tidak jujur

Selain kepercayaan, kejujuran juga menjadi elemen yang sangat penting saat menjalani hubungan LDR. Entah kamu sedang merasa kesal hingga sedih karena pasangan kamu tidak ada di samping kamu, kamu harus membicarakannya agar komunikasi kamu dan pasangan tetap terjalin sehat.

"Jika ada sesuatu yang menganggumu, komunikasikanlah. Jika kamu tidak mengkomunikasikannya dan membiarkan perasaan itu terus mengganggumu, maka ke depanya akan semarkin parah," ujar Queen Harrison, atlet olimpik yang juga menjalani LDR kepada Insider.

Jika kamu tidak jujur dan membiarkan perasaan itu menumpuk, mungkin kamu akan 'meledak' suatu nanti dan pada akhirnya memicu argumentasi kamu dengan pasangan.

"Cobalah penuhi hal yang kamu butuhkan dan sampaikan jika hal tersebut tidak tercapai," kata peneliti LDR dan pelajar psikologi klinik Emma Dargie kepada Insider.

4. Berharap kesempurnaan

Tidak ada yang sempurna. Seperti itulah kata-kata yang mungkin sering kamu dengar. Namun itu benar-benar terjadi dalam sebuah hubungan. Termasuk buat kamu dan pasangan kamu.

Saat menjalani sebuah hubungan LDR, kamu akan menghadapi begitu banyak ujian, dari mulai frustasi, gangguan, hingga kebingungan. Salah satu ujian yang sering menimpa pasangan LDR adalah saat pertemuan. Biasanya, salah satu dari kamu dan pasangan berharap bahwa pertemuan itu akan berjalan sempurna, namun ternyata yang terjadi malah sebaliknya bahkan menimbulkan kecanggungan.

5. Kamu tidak memiliki pikiran positif terhadap hubungan dan pasangan kamu

Saat kamu mengalami masa-masa sulit bersama, kamu harus berpikir bahwa masalah itu bisa membuat hubungan kamu semakin kuat.

Ketika kamu melihat masalah-masalah itu dari sudut pandang positif, itu bisa membuat kamu lebih mengenal diri sendiri dan memahami pandangan soal hubungan kamu.

Sebaliknya, jika kamu tidak melihat masalah itu dari sisi positif, ada baiknya kamu untuk mengevaluasi kembali diri kamu saat ini. Selain itu, kamu juga harus mengevaluasi apakah hubungan yang kamu jalin saat ini sehat atau tidak.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57