kumparan
19 Feb 2018 14:14 WIB

5 Tanda Hubungan Pacaran Diwarnai Kekerasan

Ilustrasi kekerasan. (Foto: Shutterstock)
Banyak kalangan muda yang enggak mau masuk dalam sebuah hubungan yang diwarnai dengan kekerasan. Namun, sayangnya, enggak sedikit dari mereka yang selalu gagal dalam menghindari hal tersebut. Dilansir Yourtango, dibutuhkan seenggaknya 5-7 kali tindak kekerasan yang dialami seorang remaja sebelum mereka benar-benar waspada dan menjauh dari hubungan yang enggak sehat ini.
ADVERTISEMENT
Padahal, ada beberapa tanda yang bisa kamu perhatikan untuk menghindari hubungan yang diwarnai kekerasan. Apa saja? Berikut kumparan (kumparan.com) rangkum buat kamu. Yuk, simak.
1. Serba instan
Komitmen (Foto: Thinkstock)
Kamu dekat dan merasa nyaman dengan kehadirannya. Namun, kedekatan kalian masih tergolong sangat mudah untuk masuk ke dalam tahap yang lebih serius, yakni pacaran. Lalu, dia tiba-tiba mengatakan bahwa dia enggak pernah merasa dicintai seperti ini sebelumnya dan menuntut komitmen dari kamu sesegera mungkin. Nah, kamu perlu waspada terhadap pasangan yang seperti ini, guys.
2. Terlalu posesif
Posesif​. (Foto: Shutterstock)
Salah satu pemicu awal munculnya kekerasan dalam berpacaran adalah pasangan yang terlalu posesif alias cemburuan. Kamu bisa melihat tandanya saat dia menelepon kamu terus-menerus atau bahkan mendatangi ke sekolah kamu. Ada yang begini?
ADVERTISEMENT
3. Mengendalikan
Pria dan wanita. (Foto: Thinkstock)
Saat kamu menghilang karena sibuk di sekolah atau tempat kerja, dia akan langsung menginterogasi kamu secara intens di malam hari. Dia akan menanyakan siapa teman yang satu hari bersama dengan kamu dan di mana kamu berada. Bahkan, enggak jarang dia akan memeriksa kendaraan, menyimpan semua uang, atau meminta kamu untuk izin kepadanya sebelum melakukan sesuatu.
4. Harapannya enggak realistis
Harapan (Foto: Morgan Sessions)
Dia mengharapkan kesempurnaan dari diri kamu. Padahal, enggak semua manusia sempurna di muka bumi ini. Dia selalu menuntut kamu melakukan dan bersikap seperti yang dia inginkan seperti selalu menghubunginya tiap pagi. Kamu perlu waspada, sebab ini bisa jadi tanda kalau pasangan kamu akan berpotensi untuk melakukan kekerasan dalam hubungan, lho.
ADVERTISEMENT
5. Kekerasan verbal
Mudah marah (Foto: Thingstock)
Salah satu ciri yang paling gampang diketahui adalah kekerasan verbal. Biasanya, dia akan mengkritik kamu dan mengatakan hal-hal yang menyakitkan. Enggak jarang dia juga akan merendahkan atau mengucapkan kata kotor pada kamu. Kalau sudah begini, ada baiknya kamu menjauh dari dia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·