Pencarian populer

5 Tips Memilih Universitas Swasta yang Berkualitas

Ilustrasi kampus Foto: Pixabay
Buat kamu yang enggak keterima SBMPTN, jangan berkecil hati dulu. Masih banyak, kok, universitas swasta yang enggak kalah bagus dan berkualitas.
ADVERTISEMENT
Kalau kamu masih bingung universitas swasta mana yang ingin dituju, berikut kumparan rangkum tips agar enggak salah menentukan perguruan tinggi swasta (PTS) yang berkualitas!
1. Biaya kuliah
Pastinya, salah satu hal yang paling penting untuk kamu pertimbangkan sebelum masuk PTS adalah estimasi biaya kuliah hingga lulus. Berbeda sama PTN, di PTS kamu bisa mengambil simulasi perhitungan biaya kuliah hingga lulus. Walaupun mungkin enggak semurah PTN, tapi seringkali fasilitas yang diberikan PTS juga terbaik di bidangnya.
2. Akreditasi
Kamu harus tahu akreditasi PTS yang kamu tuju. Sebaiknya memilih yang terakreditasi A oleh BAN-PT. Akreditasi ini kadang juga bisa memengaruhi masa depanmu ketika mencari tempat magang dan kerja, lho.
ADVERTISEMENT
Jangan lupa, selain akreditasi universitasnya, penting untuk kamu mengetahui akreditasi jurusannya. Kedua hal ini seringkali berbeda, misalnya PTS itu mendapat akreditasi A, tapi jurusan yang kamu minati akreditasnya C.
3. Lokasi kampus
Semakin dekat rumah memang semakin bagus. Tapi, apakah yang dekat itu memiliki akreditasi yang baik pula? Kalau sampai di daerahmu enggak ada PTS yang berkualitas, itu artinya kamu harus mencari PTS di luar daerah atau bahkan di kota lain. Hal ini harus dipertimbangkan, mengingat biaya yang dikeluarkan pun menjadi semakin besar.
4. Peringkat kampus
Semakin tinggi peringkatnya, maka kualitas kampus juga bisa dibilang semakin bagus. Untuk mengetahui peringkat PTS tujuanmu, kamu bisa mengecek di situs Kemenrisdikti, Webometrics, dan situs-situs yang sering menjadi patokan peringkat kampus di dunia.
ADVERTISEMENT
5. Alumni
Kalau kamu memilih PTS yang alumninya sudah terbukti punya kiprah bagus di luar sana, enggak ditampik, kamu juga bisa kecipratan mudah untuk dapat kerja karena track record yang bagus dari pendahulumu.
Gimana, sekarang kamu sudah punya bayangan akan masuk PTS apa, belum? Sebentar lagi tahun perkuliahan sudah dimulai, lho!
Penulis: Stefanny Tjayadi
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86