kumparan
24 Agu 2018 18:17 WIB

5 Tips untuk Kamu yang Ingin Koleksi Action Figure

Ilustrasi action figure (Foto: MGF Customs/Reviews/ Flickr)
Action figure merupakan mainan tiruan karakter yang biasanya berdasarkan pada film, komik, video game, atau serial televisi. Mengoleksi action figure menjadi sebuah hobi yang semakin banyak diminati.
ADVERTISEMENT
Namun, mengoleksi action figure bukan perkara mudah. Banyak hal yang perlu diperhatikan agar bisa mendapatkan action figure dengan kualitas premium tanpa bikin kantung kering. Lantas, apa yang harus kita lakukan?
1. Yakin
Action figure Batman (Foto: Fred Weichmann/Flickr)
Menurut Rahmat Budiman, kolektor action figure sekaligus pendiri Toys Photography Indonesia, bekal pertama yang harus dimiliki sebelum mengoleksi yaitu keyakinan.
"Yakin dulu kalau action figure itu racun. Maksudnya, sekali beli enggak ada kata selesai, ingin beli terus. Jadi yakini dulu kalau itu racun dan pasti ketagihan," kata Rahmat saat dihubungi kumparan, Jumat (24/8).
2. Beri tahu pasangan
Ilustrasi Diskusi dengan Pasangan (Foto: Pixabay)
Bagi yang akan atau sudah membina rumah tangga, ada baiknya kamu memberi tahu pasanganmu bila ingin mengoleksi action figure. Sebab, Rahmat menganggap hobi ini bisa menjadi sumber konflik dalam hubungan.
ADVERTISEMENT
"Kebanyakan orang itu menyembunyikan dari pasangannya karena dinilai harganya mahal, terus sudah tua tapi masih main (action figure). Jadi mending kalau sudah menikah, ngomong sama pasangan," ujarnya.
3. Siapkan bujet terpisah
Action Figure Star Wars (Foto: Peter Morris/ Flickr)
Harga sebuah action figure yang berkisar antara Rp 300 ribu sampai Rp 1 juta lebih tentu mengharuskan kolektornya untuk menyisihkan uang yang enggak sedikit. Sebab bisa saja uang bulananmu habis hanya untuk membeli action figure edisi terbaru.
Nah, agar enggak bikin dompet menipis, Rahmat mengatakan kamu harus memastikan ada bujet terpisah untuk mengoleksi action figure. "Karena (hobi) ini lumayan menguras pendapatan," ucap dia.
4. Jangan kredit
Ilustrasi kartu kredit. (Foto: Pixabay)
Bagi kamu yang masih duduk di bangku sekolah, lebih baik membeli action figure secara tunai tanpa sistem kredit. Sebab harga action figure cukup fluktuatif.
ADVERTISEMENT
"Misal mau beli mainan yang udah rilis dua bulan lalu. Itu harganya bisa makin mahal kalau kredit. Sudah kena harga tinggi, dengan sistem kredit kena bunga juga. Rugi," beber Rahmat.
Oleh karena itu, ada baiknya kamu menabung dan membeli lewat sistem down payment (DP). Dengan cara ini, kamu memiliki jeda waktu antara membayar dp dan melunasi sisanya.
5. Perhatikan kondisi barang
Ilustrasi action figure (Foto: MGF Customs/Reviews/ Flickr)
Untuk kamu yang ingin membeli secara online, jangan lupa untuk perhatikan rating serta orisinalitasnya. Sebab bukan enggak mungkin, action figure yang kamu pesan itu ternyata adalah barang palsu alias KW.
"(Lebih baik) beli langsung dan rajin-rajin ke toko. Kalau mau lebih murah lagi cari di pameran kayak Comic Con. Di sana lebih banyak pilihan dan sering ada diskon," jelas kolektor action figure, Satria.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan