Pencarian populer

5 Tips untuk Mahasiswa Supaya Enggak Bingung Setelah Lulus Nanti

com-Ilustrasi Lulus Kuliah Foto: Shutterstock

Meski ada penjurusan dan magang, rasa bingung mau melakukan apa setelah lulus kuliah bisa saja terus menghantui mahasiswa. Mungkin kamu enggak tahu harus bekerja di mana, atau justru pengin banting setir melakukan pekerjaan di luar jurusan kuliahmu.

Supaya enggak bingung setelah lulus kuliah pengin melakukan apa, ada sejumlah tips yang bisa kamu lakukan, nih. Bahkan lebih bagus kalau tips ini kamu lakukan sejak semester-semester awal. Apa saja, ya?

  1. Memikirkan karier sedari awal

Dalam talkshow bertajuk 'Fantastic' yang digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknologi Industri (FTI) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Avicena Hustatiningtyas yang merupakan Manajer Pengembangan Bisnis di PT Paragon Technology and Innovation mengatakan mahasiswa seharusnya sudah memikirkan kariernya sedari awal.

"Minimal sejak berada di tingkat tiga (kuliah)," kata dia, dikutip dari laman ITS.

  1. Punya rasa penasaran yang tinggi

Selain itu, Avicena menambahkan bahwa seorang mahasiswa harus memiliki rasa penasaran yang tinggi. Rasa ingin tahu ini penting untuk membuat seseorang selalu ingin belajar.

  1. Dapat membangun citra diri

Membangun citra diri, atau keunikan yang enggak dimiliki orang lain, menjadi hal yang enggak kalah penting. Ketika melamar kerja pun kamu akan dilihat lebih menonjol jika dapat membangun citra diri dengan baik.

“Mulai dari sekarang, citra diri harus dibangun untuk menjadi pembeda antara kita dengan yang lain,” ujar Avicena.

  1. Memperkaya kemampuan

Menurut Alfiano Fuadi selaku Manajer Pengontrol Cabang di PT Paragon Technology and Innovation, sejak 2016 Indonesia sudah memasuki era revolusi industri 4.0. “Di mana Artificial Intelligent, Internet of Things, dan nanoteknologi bukan lagi sesuatu yang asing,” jelasnya.

Karena itu, peran manusia diperkirakan akan semakin berkurang. Maka untuk menghadapi hal tersebut, Fuad menyebut ada beberapa kemampuan yang harus dimiliki manusia.

"Seperti kemampuan pemecahan masalah, berpikir kritis dan kreatif, serta kecerdasan emosional. Karena ada banyak hal yang sebenarnya tidak bisa digantikan oleh robot,” lanjut dia.

  1. Menambah ilmu di luar kuliah

Selain memperkaya kemampuan, Fuad juga mengatakan bahwa menambah ilmu di luar kuliah juga diperlukan.

“Maka mulai dari sekarang perbanyak belajar cara berkomunikasi, perencanaan keuangan, dan ilmu yang tidak diajarkan di bangku kuliah,” sebutnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Jumat,24/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22