kumparan
19 Jul 2019 20:25 WIB

7 Anime Terbaik dari Studio KyoAni yang Terbakar

Film 'A Silent Movie' dari Studio Animasi KyoAni dok YouTube
Kabar duka tengah menyelimuti para pecinta anime. Pada Kamis (18/7), studio animasi di Kyoto, Jepang bernama Kyoto Animation alias KyoAni, mengalami kebakaran yang menewaskan setidaknya 33 orang.
ADVERTISEMENT
KyoAni merupakan studio anime yang populer. Kualitas animasi KyoAni enggak perlu diragukan lagi, karena anime yang dihasilkan oleh KyoAni mempunyai keindahan visual dan kisah sehari-hari, yang mampu membangkitkan emosi penonton dengan baik.
Sejak berdiri pada 1981, KyoAni mempunyai lebih dari 21 serial. Beberapa animenya juga ditayangkan oleh Netflix. Berikut rekomendasi kumparan untuk anime terbaik yang diproduksi KyoAni.
1. K-On!
Video
Bagi para pecinta anime, rasanya mustahil enggak kenal anime satu ini. 'K-on!' bercerita tentang empat siswi SMA yang tergabung dalam suatu klub musik pop (Keion-bu).
Anggota klub yang hampir bubar ini awalnya enggak bisa main musik. Namun, setelah menjalani latihan, akhirnya mereka bisa bermain, bahkan anggotanya bertambah satu orang.
ADVERTISEMENT
Anime ini mempunyai genre slice of life yang menceritakan keseharian anggota klub Keion-bu. Kisah persahabatan dan tingkah karakter yang menggemaskan membuat anime ini digemari banyak orang. 'K-on!' juga menjadi pelopor tema moe (karakter imut) khas KyoAni.
2. The Melancholy of Haruhi Suzumiya
Video
'The Melancholy of Haruhi Suzumiya' disebut-sebut telah mengubah industri anime. Saking populernya, sosok Haruhi Suzumiya disebut-sebut sebagai Tuhan-nya dunia anime.
Anime ini bercerita tentang Haruhi Suzumiya yang mempunyai kekuatan selayaknya Tuhan. Ia bisa membuat keinginannya menjadi kenyataan, namun Haruhi enggak tahu soal kekuatannya.
Karakter Haruhi yang absurd membuat teman-temannya harus membuat dia terus bahagia supaya enggak mempunyai keinginan untuk menghancurkan dunia.
Anime ini menjadi pelopor formula standar anime masa kini. Mulai dari banyaknya adaptasi anime dari light novel (LN), musik dalam anime yang populer ('God Knows'), dan berkembangnya kultur otaku di Jepang.
ADVERTISEMENT
3. Clannad & Clannad After Story
Video
Bercerita tentang Tomoya Okazaki, seorang siswa SMA yang menganggap hidupnya enggak menarik. Ia lalu berteman dengan Nagisa Furukawa, siswi SMA yang harus tinggal kelas. Setelah pertemuan keduanya, Tomoya bertemu dengan banyak orang dan menganggap hidupnya enggak membosankan lagi.
'Clannad' merupakan adaptasi visual novel yang dikembangkan oleh KEY, sebuah developer komputer di Jepang. Kesuksesan anime ini membuat KyoAni mengadaptasi visual novel KEY lainnya seperti 'Air' dan 'Kanon'.
Setelah nonton 'Clannad', kamu harus melanjutkan ke 'Clannad After Story'. Karena lewat anime ini, KyoAni mampu mempopulerkan namanya. Siapkan tisu yang banyak, ya, karena anime ini dijamin bisa buat kamu banjir air mata. Huft.
4. Violet Evergarden
ADVERTISEMENT
Video
Anime satu ini bercerita tentang Violet, sebuah boneka yang diciptakan hanya untuk menjadi senjata majikannya. Setelah perang berakhir, ia lantas kehilangan tujuan hidupnya.
Violet memutuskan untuk memahami kehidupan manusia. Ia bekerja di sebuah kantor pos dan bertugas untuk menuangkan perasaan pelanggan ke dalam sebuah surat.
Anime ini mempunyai visual animasi yang memukau. Gambarnya yang detail dan pilihan warnanya membuat anime ini terasa hidup. Violet Evergarden juga menggambarkan coming of age alias fase pendewasaan.
5. A Silent Voice (Koe no Katachi)
Video
'A Silent Voice' merupakan film tentang Shoya Shida, seorang remaja yang waktu SD-nya sering mem-bully seorang siswa pindahan bernama Shoko Nishimaya yang ternyata tuna rungu.
Anime ini diadaptasi dari manga dengan judul yang sama. Sebelumnya, 'Koe no Katachi' hanya berupa one-shot manga. Kepopulerannya membuat manga ini diangkat ke serial, film, dan mendapat banyak penghargaan.
ADVERTISEMENT
Enggak heran, sih, karena visual, cerita, dan karakter dalam anime ini merupakan salah satu karya terbaik dari KyoAni. Situs kritik film, Rotten Tomatoes, juga memberikan rating yang cukup tinggi, yaitu 94 persen.
6. Hyouka
Video
Anime ini bercerita tentang Hotaro Oreki, siswa pemalas tapi jenius, yang bergabung dalam klub literatur. Di klub itu, ia bertemu Chitanda Eru, yang memaksanya untuk menyelesaikan beberapa kasus misteri.
'Hyouka' juga anime slice of life yang diberi bumbu misteri. Anime ini menunjukkan bahwa kehidupan sehari-hari dapat menyimpan sebuah misteri mendalam.
7. Free!
Video
Anime ini didasarkan pada novel yang ditulis oleh Kōji Oji, dengan judul 'High Speed! (ハイ☆スピード! Hai Supīdo!)'. Novel ini menerima penghargaan di kontes Kyoto Animation Award yang ke-2 pada 2011. Novelnya pun diterbitkan pada Juli 2013.
ADVERTISEMENT
Serialnya terdiri dari musim pertama berjudul 'Free! - Iwatobi Swim Club' dan musim kedua berjudul 'Free! - Eternal Summer' yang tayang setahun setelahnya, yaitu pada Juli 2014.
Pada 2015, serial ini juga sudah diangkat ke layar lebar dengan judul 'High Speed!! -Free! Starting Days-' yang tayang pada Desember 2015.
Dua tahun setelahnya, KyoAni kembali meluncurkan film 'Free!' dalam bentuk trilogi, yaitu 'Free! Timeless Medley - the Bond', 'Free! Timeless Medley - the Promise', dan 'Free! Take Your Marks' yang menampilkan cerita baru. Film 'Free! Road to the World - the Dream' yang bakal tayang pada 2020 bakal menjadi kompilasi yang mencakup trilogi itu.
Reporter: Lavira Andaridefia
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·