kumparan
2 Jun 2019 17:17 WIB

7 Film Anime yang Gambarkan 'Coming of Age' dengan Sempurna

Ilustrasi film anime Dok. Youtube
Jangan pernah percaya sama orang yang bilang kalau film anime enggak bisa menggambarkan kompleksnya perasaan manusia. Karena sebenarnya ada banyak film anime yang sukses mengoyak-oyak emosi penontonnya, lho.
ADVERTISEMENT
Sebut aja 'Your Name', 'The Garden of Words', atau 'Grave of the Fireflies' (astaga, ini sedih banget). Selain cantik secara visual, ketiga film itu juga punya alur cerita sederhana yang menyentuh. Baik itu tentang hubungan dengan keluarga, rasanya cinta yang bertepuk sebelah tangan, sampai fase hidup yang enggak bisa dihindari --coming of age.
Coming of age adalah fase yang kamu alami ketika beralih dari usia remaja ke usia dewasa. Terus, film anime apa aja yang menggambarkan fase coming of age ini? Berikut tujuh di antaranya, seperti dilansir i-D.
  1. 'Ocean Waves'
Video
Film Ghibli tahun 90-an ini bercerita tentang seorang cowok yang naksir murid baru di sekolahnya. Tapi masalah cuma satu, temannya ternyata juga punya perasaan yang sama dengan murid baru itu. Cinta segitiga ini pun mengancam pertemanan mereka.
ADVERTISEMENT
  1. 'The Girl Who Leapt Through Time'
Video
Enggak beda jauh sama 'Your Name', film ini juga beraliran sci-fi dengan unsur time travel-nya. 'The Girl Who Leapt Through Time' menceritakan seorang cewek yang memperbaiki kesalahan dalam hidupnya dengan kembali ke masa lalu. Tapi tanpa disadari, tiap kali dia melakukan time travel ada masalah yang menyertai.
  1. 'Whisper of the Heart'
Video
Balik ke film dari Studio Ghibli, ada 'Whisper of the Heart' yang dirilis pada 1995. Diangkat dari manga tahun 1989 dengan judul sama, film ini bercerita tentang seorang cewek kutu buku berusia 14 tahun bernama Shizuku. Ia berkali-kali melihat nama seorang cowok di dalam buku-buku perpustakaannya. Siapa sebenarnya cowok itu?
  1. 'Beck'
Video
'Beck' adalah film anime tentang seorang cowok pendiam berusia 14 tahun bernama Yukio yang bertemu dengan cowok gila musik berusia 16 tahun, Ryusuke. Mereka memutuskan untuk membuat band bernama 'Beck'. Sejak itu, hidup Yukio enggak lagi sama.
ADVERTISEMENT
  1. 'When Marnie Was There'
Video
Film ini mengisahkan Anna, cewek remaja dengan emosi yang meluap-luap, yang membenci orang tua asuhnya karena diam-diam menerima uang dari pemerintah. Ia lantas tinggal dengan saudaranya.
Sampai suatu ketika, Anna bertemu Marnie, cewek berambut pirang yang misterius, di sebuah rumah besar yang enggak dihuni siapapun. Tapi cuma Anna yang bisa melihat sosok Marnie. Apa yang sebenarnya terjadi?
  1. 'Kids on the Slope'
Video
Berlatar tahun 60-an, 'Kids on the Slope' menceritakan kisah seorang cowok yang pindah ke kota baru untuk tinggal bersama saudaranya.
Di lingkungannya yang baru, dia memilih untuk menjadi outsider karena memandang rendah teman-temannya. Tapi pandangan itu berubah ketika bertemu dengan seorang cowok yang hobi bermain drum.
ADVERTISEMENT
  1. 'A Letter to Momo'
Video
Mengusung nuansa yang mirip 'Spiritied Away', film ini bercerita tentang seorang cewek yang meninggalkan Tokyo dengan ibunya, setelah ayahnya meninggal dunia.
Ia merasa cemas dengan masa depannya, masih sedih karena kepergian ayahnya, dan kesal dengan sang ibunda. Dia enggak punya teman dan bosan berada di rumah.
Tiba-tiba, ketika ia menemukan sebuah buku kenangan di atap rumahnya, Momo bisa melihat hantu di sekelilingnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·