Pencarian populer

7 Tipe Teman yang Sebaiknya Kamu Unfollow di Media Sosial

Media sosial memberikan manfaat untuk remaja. (Foto: Thinkstock)

Belakangan ini, media sosial menjadi 'alat' komunikasi baru di era digital. Melalui media sosial, kamu bisa bertemu dengan orang-orang baru dari berbagai belahan dunia.

Meski begitu, media sosial menjadi 'tempat' baru untuk melakukan tindakan bullying. Bahkan, menurut survei yang dilakukan Ditch The Label pada tahun 2017, Instagram menjadi media sosial yang paling banyak digunakan untuk cyberbullying.

Di media sosial sendiri, kamu akan menemukan beberapa tipe teman dengan segala keunikannya. Dari mulai yang suka cari perhatian, ‘nyampah’, hingga gembor-gembor isu politik. Nah, dari beberapa tipe tadi, ada tujuh tipe teman yang sebaiknya kamu unfollow secepatnya dari media sosial kamu seperti dikutip dari Thought Catalog. Apa saja?

1. Suka menyebarkan berita hoax

Tipe pengguna media sosial yang satu ini hobinya bikin kontroversi. Biasanya dia sering seliweran di Facebook, namun tak ayal kamu juga bisa menemukan tipe pengguna media sosial ini di Instagram.

Dia itu sering sekali men-share berita-berita hoax, sehingga memicu perdebatan banyak orang. Dan biasanya, dia juga akan menjadi orang pertama yang mengomentari unggahan-unggahan berbau rasis, agama, hingga SARA. Nah, kalau kamu menemukan tipe teman yang seperti ini, langsung aja buka profile-nya, dan unfollow secepatnya.

2. Hobi menggerutu

Marah dan kesal terhadap sesuatu, sih, wajar. Namun, kalau gampang marah dan selalu mengomentari banyak hal secara negatif, kayaknya males juga, deh.

Ya, enggak bisa dipungkiri kalau Jakarta terkenal dengan kemacetannya. Namun, enggak sedikit dari kita yang setiap hari, mereka mengeluh soal macetnya Jakarta.

Itu belum seberapa. Yang lebih menyebalkan adalah saat dia mulai menggerutu sambil menuliskan kata-kata yang enggak pantas. Daripada kamu ikutan kesal, mending langsung unfollow saja.

3. Orang yang sering mengunggah foto selfie

Kamu akan menemukan tipe teman yang satu ini di Instagram. Dia akan mengunggah foto narsis dirinya dengan pose yang hampir sama dengan durasi yang bersamaan. Ya, semua timelilne kamu dipenuhi oleh foto narsis dirinya. Kalau kamu menemukan tipe teman yang seperti ini, jangan pikir panjang langsung saja unfollow secepatnya.

4. Orang yang sering banggain pilihan politiknya mati-matian

Di hampir semua media sosial yang digunakan orang Indonesia, tipe seperti ini pasti ada. Terlebih lagi di tahun-tahun politik. Biasanya, enggak sedikit teman-teman kita yang jadi ‘pengamat politik’ dadakan. Tiba-tiba merasa paling tahu dengan kondisi politik yang ada.

Belum lagi jika mereka membela tokoh favoritnya mati-matian dan menjelekkan tokoh lawan. Well, beradu pendapat memang sah-sah saja, tapi jangan terlalu berlebihan ya, guys.

5. Orang yang hobi ‘nyinyir’

Hobinya adalah ‘nyinyir’ unggahan pengguna media sosial lain. Teman update tentang momen liburan, eh, si dia sibuk nyinyir. Atau ada teman kamu yang baru saja keterima di PTN favorit, kena nyinyir juga. Kalau kamu menemukan tipe pengguna media sosial yang satu ini, kamu tahu apa yang harus kamu lakukan, ya.

6. Orang yang sering mengirim komentar negatif

Sebenarnya tipe pengguna media sosial yang satu ini enggak jauh berbeda dengan tipe pengguna media sosial sebelumnya. Hanya saja, dia sering mengirim komentar-komentar kasar di setiap unggahan. Bahkan, tipe pengguna yang satu ini sudah menujurus ke aksi cyberbullying. Enggak mau jadi korban keganasannya, kan? Langsung unfollow saja sekarang juga!

7. Yang belum pernah ketemu langsung dengan kamu

Kamu belum pernah bertemu dengan pengguna media sosial ini? Atau bahkan kamu enggak mengenalnya sama sekali? Untuk apa kamu membiarkan dia masuk ke daftar teman di media sosial kamu? Enggak masalah, sih, menambah pertemanan dengan orang baru. Namun, kalau kamu merasa itu akan menganggu kamu sebaiknya kamu berpikir lagi untuk memasukan dia ke dalam list teman kamu di media sosial.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: