kumparan
22 Nov 2017 20:44 WIB

7 Tips Agar Eksis di Instagram ala Selebgram

7 cara agar kamu eksis di Instagram (Foto: Mela Nurhidayati/Kumparan)
Siapa yang tak ingin eksis di jejaring media sosial seperti Instagram? Memiliki banyak followers, like berjibun, hingga dibanjiri ribuan komentar? Hal ini nampaknya menjadi angan-angan anak muda zaman now di masa kini.
ADVERTISEMENT
Banyaknya followers di Instagram ternyata membawa banyak keuntungan tertentu, seperti mendapat tawaran endorsement, hingga kesempatan untuk masuk ke layar kaca.
“Punya followers banyak itu enak, soalnya bisa dapet project kolaborasi, sama dapet endorsement yang pasti,” ujar selebgram Intan Kemalasari, kepada kumparan (kumparan.com), Rabu (22/11).
Mendapatkan eksistensi di Instagram memang susah-susah gampang. Namun, ada beberapa tips agar kamu bisa eksis di Instagram seperti selebgram Intan Kemalasari. Berikut kumparan rangkum 7 tips agar kamu bisa eksis di Instagram ala Intan Kemalasari:
1. Be Your Self
Loading Instagram...
Tips penting pertama agar kamu bisa eksis di Instagram adalah menjadi diri kamu sendiri. Sebab hal itu bisa menjadi ciri khas dan pembeda kamu dengan pengguna-pengguna Instagram lainnya.
ADVERTISEMENT
“Mentang-mentang sekarang milenial lagi suka makeup goals, atau body goals jadi pada ikut-ikutan deh. Kalau kamu kaya gitu, percuma aja soalnya orang-orang juga nggak akan minat. Jadi diri sendiri aja, misalnya aku suka Korea terus upload hal-hal yang berbau Korea dan akhirnya banyak yang ikut komen. Intinya, kalau kamu punya kelebihan tinggal tunjukkin,” ujar Intan.
2. Tidak Boleh Nyampah
Tips kedua yang tak kalah penting adalah tidak boleh sering mengunggah foto atau story, sebab hal ini bisa menganggu ketentraman para pengguna Instagram lain.
“Aku bukan tipe orang yang nyampah di Instagram. Kalau mau posting itu minimal 1-2 foto perhari gak usah banyak-banyak,” kata Intan.
3. Posting di Jam yang Tepat
ADVERTISEMENT
Ingin foto yang kamu unggah mendapat banyak like dan komentar? Coba deh posting saat jam-jam prime time, sebab di jam tersebut banyak banget pengguna aktif yang lagi buka Instagram.
“Biasanya aku kalau posting foto itu di atas jam 6, soalnya orang-orang pada pulang kerja tuh, atau malem sekalian jam 11-12 lumayan biar dapet like dari orang luar negeri,” tambah Intan.
4. Interaksi dengan Followers
Loading Instagram...
Meskipun kamu belum memiliki banyak followers, tapi interaksi dengan followers itu penting sebab hal itu akan membuat kesan baik di antara para pengguna.
Make engagement to followers itu penting banget biar aktif dengan mereka. Misalnya nanya ke mereka, terus suruh mereka untuk cerita,” kata Intan.
5. Jangan Terkesan Maksa
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Ingin eksis di Instagram boleh, tapi jangan terkesan maksa juga. Contohnya, ketika kamu ingin mendapatkan banyak followers terus kamu beli followers biar terlihat keren itu adalah salah satu cara yang terkesan maksa dan menimbulkan kesan panjat sosial.
“Makanya cari konten yang bisa mengundang banyak engagement dengan followers, misalnya bikin video apa kek yang bermanfaat yang bisa di re upload oleh para followers,” tambah Intan.
6. Rajin Kasih Like dan Komen
Loading Instagram...
Tips keenam agar kamu eksis di Instagram adalah harus rajin kasih like dan komen ke postingan pengguna Instagram lain.
“Kalau menurut kamu postingan itu menarik ya kasih like, ada yang seru di komen aja, jadi itu nunjukkin bahwa kamu ingin mereka tau keberadaan kamu dengan a good ways,” ujar Intan.
ADVERTISEMENT
7. Memaksimalkan Penggunaan Hastag
Loading Instagram...
Tips terakhir bila kamu ingin eksis di Instagram adalah memaksimalkan penggunaan hastag. Sebab, dengan cara ini kemungkinan pengguna lain yang enggak follow kamu bisa lihat postingan yang kamu unggah, yang pada akhirnya mereka itu akan follow kamu.
“Cari hastag yang banyak digunain sama Instagram user tapi enggak melenceng dari foto yang diupload. Misalnya setiap foto yang aku posting, aku kasih hastag Instagram daily atau like for like. Penggunana hastag disetiap foto itu lumayan signifikan loh untuk naikin followers,” tutup Intan.
Nah, itu dia 7 tips agar kamu bisa eksis di Instagram ala Intan Kemalasari. Let’s try and good luck!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·