Pencarian populer

Apa yang Bisa Kamu Lakukan Kalau Tak Lolos SBMPTN?

Ilustrasi Keinginan Sendiri SBMPTN Foto: Alex Jones
Enggak lolos SBMPTN bukan merupakan akhir dari segalanya. Kata pepatah lama, masih banyak jalan menuju Roma, bukan? Maka dari itu bukan saatnya untuk berhenti berusaha dan putus asa.
ADVERTISEMENT
Faktanya, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk melanjutkan usaha masuk perguruan tinggi atau meredam rasa kecewa akan hal itu. Hmm, kira-kira apa saja ya?

Daftar Ujian Mandiri

Ilustrasi ujian SBMPTN Foto: UGM
Rupanya, jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri enggak cuma berhenti di SNMPTN dan SBMPTN saja. Ada jalur terakhir yang bernama Ujian Mandiri. Dinamakan demikian, karena hanya ada sejumlah kampus saja yang melaksanakannya.
Kalau penasaran, kamu bisa mengecek masing-masing situs resmi kampus yang ingin dituju. Beberapa kampus beken seperti UNS, Undip, Unnes, hingga Unhas menggelar pelaksanaan UM. Cepat dicek, ya, sebelum tenggat pendaftarannya berakhir!

Ikut Kuis kumparan

Semua rencana yang kamu miliki setelah SBMPTN pastinya butuh modal untuk diwujudkan. Tapi tenang saja, karena kumparan menyediakan hadiah total Rp 25.000.000.
ADVERTISEMENT
Untuk mendapatkannya caranya mudah. Tinggal pasang aplikasi kumparan yang bisa kamu unduh di Playstore dan ikuti kuis yang ada pada tautan berikut. Semoga kamu beruntung ya!

Daftar PTS Favorit

Kuliah lagi? Why not banget! Foto: Istimewa
Banyak orang menganggap kalau kuliah di kampus swasta adalah pilihan terakhir. Tapi ternyata enggak juga. Kamu bisa saja langsung daftar ke kampus swasta favorit tanpa perlu lebih dulu ikut UM agar masuk ke jurusan yang sesuai.
Beberapa kampus swasta ternyata enggak kalah kualitasnya. 5 kampus swasta terbaik versi Kemenristekdikti di antaranya Universitas Islam Indonesia, Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta, Universitas Telkom, Universitas Katolik Atma Jaya Yogyakarta, dan Universitas Katolik Parahyangan. Berminat?

Ikut Kursus

Ilustrasi belajar Foto: JESHOOTScom/Pixabay
Apabila kamu berniat untuk ikut SBMPTN tahun depan, kabar baiknya, kamu bisa fokus belajar. Selama setahun ke depan, ikutilah kursus SBMPTN yang komprehensif agar lebih siap menghadapinya tahun 2020 nanti.
ADVERTISEMENT
Kalau kamu merasa mampu untuk belajar mandiri, kamu bisa juga bisa memanfaatkan waktu cuti belajarmu dengan mengikuti kursus keahlian lainnya. Misalnya, kursus memasak, menjahit, kursus bahasa Inggris, dan lain-lain yang bisa menunjang soft skill kamu.

Kerja Sambilan

Ilustrasi kerja Foto: Pixabay
Kerja sambilan sambil belajar untuk SBMPTN tahun berikutnya rupanya bisa jadi prospek kegiatan yang menjanjikan. Selain bisa dapat uang, kamu juga bisa merasakan langsung pengalaman kerja yang sesungguhnya. Di curriculum vitae, pengalaman kerja juga dipertimbangkan saat melamar kerja pascalulus kuliah nanti, lho.

Travelling

Pergi berlibur sendirian rupanya banyak mendatangkan manfaat untuk kamu. Apa saja sih? Foto: Thinkstock
Daripada suntuk di rumah, jalan-jalan ke tempat yang ingin kamu kunjungi tentu jadi hal yang menarik untuk dilakukan. Sebab, barangkali selama ini kamu enggak punya waktu untuk melakukannya dan kemungkinan kesibukan kuliah juga mencegahmu untuk melakukan itu. Santuy dulu dong!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80