kumparan
5 Nov 2018 19:29 WIB

Apa yang Harus Dilakukan jika Sudah Malas Cari Pekerjaan?

Merasa lelah (Foto: Thinkstock)
Bagi fresh graduates, alias yang baru lulus kuliah, mencari pekerjaan bisa jadi tantangan tersendiri. Ketatnya persaingan, dan banyaknya jumlah fresh graduates di tiap tahun, membuat peluang diterima di dunia kerja semakin jauh dari genggaman.
ADVERTISEMENT
Alhasil, rasa malas lantas menghampiri tanpa permisi. Anggapan bahwa kamu enggak akan mendapat pekerjaan, dan menjalani kehidupan susah-senang sebagai karyawan, bisa jadi membuatmu semakin terpuruk dalam lubang keputusasaan.
Eits, tunggu dulu. Sebenarnya ada, loh, langkah yang bisa kamu ambil ketika sudah malas cari pekerjaan. Berikut lima caranya, seperti dilansir Her Campus.
1. Coba lebih sistematis
Yang pertama, penting untuk mengetahui apa tujuan-tujuan kamu dalam hidup. Kalau kamu berencana melamar pekerjaan secara sporadis, kamu perlu merinci apa saja yang sudah dan yang belum dilakukan seputar lamaran-lamaran tersebut. Mungkin dengan cara membuat catatan bisa mempermudahmu untuk melakukan itu.
2. Cari teman untuk membantu
Kamu harus mulai mengakui, bahwa enggak semua hal bisa dilakukan seorang diri. Mencari saran dan bantuan dari teman yang sudah bekerja, atau keluarga yang sudah berpengalaman, bukan hal yang buruk, kok. Cara ini justru bisa menjauhkanmu dari keputusan-keputusan buruk yang bisa jadi kamu sesalkan di masa depan.
ADVERTISEMENT
3. Stop bandingkan dirimu dengan orang lain
Peluang kerja di satu daerah pasti berbeda dengan daerah lain. Begitu pula peluang kerja di satu bidang yang enggak sama dengan bidang lain. Selain itu, timeline kehidupanmu dengan temanmu, meski seangkatan di kampus, juga enggak selalu sama. So, kalau kamu belum juga mendapat pekerjaan, bukan berarti kamu seorang pecundang. Fokuslah kepada dirimu sendiri.
4. Jangan panik, mari piknik
Daripada terus-menerus berkeluh kesah, lebih baik tinggalkan dulu situs lowongan pekerjaan dan CV-mu, untuk sejenak melepas penat. Pergilah ke pantai, hutan, puncak gunung, atau kontrakan pacar, supaya pikiranmu kembali lancar.
5. Jauhkan pikiran negatif
Terakhir, ketika kamu sudah sangat lelah dan hanya ingin menyerah, ingatlah bahwa segala kerja kerasmu akan membuahkan hasil manis di masa mendatang!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan