kumparan
31 Des 2018 13:05 WIB

Benarkah Pacaran Bisa Mengubah Kepribadianmu?

Laki-laki yang Tertutup (Foto: Shutterstock)
Enggak jarang saat kamu pacaran, teman-teman atau keluarga menilai ada yang berubah denganmu. Mereka menilai kamu berbeda, dan enggak seperti dulu lagi.
ADVERTISEMENT
Tapi benarkah pacaran bisa mengubah kepribadian seseorang?
Dilansir Elite Daily, sebenarnya kepribadian seseorang itu tetap sama, hanya sifat dan perilaku yang berubah secara bertahap seiring bertambah dewasa. Ketika pacaran, seseorang pasti belajar banyak hal tentang dirinya sendiri, dan menyebabkan perubahan sifat menjadi hal yang normal.
"Saat kamu pacaran, kamu memainkan peran-peran tertentu. Mungkin kamu yang lebih dominan dibandingkan pacarmu, atau sebaliknya. Di beberapa hubungan, peran ini bisa terbawa ke kehidupan sehari-hari," jelas Sari Cooper, selaku Director di Center for Love and Sex, sebuah lembaga konseling di Amerika Serikat.
Cooper mencontohkan, kalau kamu pacaran dengan seseorang yang memiliki sifat yang kamu kagumi, seperti disiplin dan tepat waktu, kamu bisa saja terdorong untuk menerapkan kebiasaan tersebut.
ADVERTISEMENT
"Tapi kalau kamu menjalani hubungan yang enggak sehat, sifatmu juga bisa berubah secara negatif. Misalkan kamu adalah seorang ekstrovert, tapi pacarmu sering berlaku kasar, dan mudah cemburu. Kamu pun bisa berubah menjadi introvert, pendiam, mudah takut kepada orang lain, sampai depresi," jelas Cooper.
Nah, kalau kamu merasa enggak nyaman dengan perubahan sifat ini, pertimbangkanlah untuk jujur dan membicarakan hal tersebut kepada pacarmu. Karena, yang paling penting ketika menjalin hubungan dengan seseorang adalah tetap menjadi diri sendiri, dan enggak melupakan teman serta keluargamu.
Lagipula, kalau sifatmu berubah secara lebih positif semenjak pacaran, kenapa enggak?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan