kumparan
21 Mar 2018 14:29 WIB

Beredar Bocoran Soal USBN 2018 Hari Ketiga

Ilustrasi siswa mengerjakan USBN. (Foto: ANTARA/Basri Marzuki)
Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk tingkat SMA sudah digelar sejak Senin (19/3) lalu. Berdasarkan data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), ada sekitar 2 juta pelajar SMA/MA yang mengikuti USBN tahun ini.
ADVERTISEMENT
Namun, USBN yang digelar pada tahun ini rupanya juga tak luput dari masalah kebocoran soal. Sebab, ada bocoran soal ujian yang menyebar via aplikasi WhatsApp dan Line.
Bambang (nama samaran), salah satu pelajar dari SMA Depok mengatakan bahwa dia mendapatkan bocoran soal sehari sebelum ujian berlangsung. Kepada kumparan (kumparan.com), Bambang mengaku mendapatkan semua soalnya, mulai dari paket 1 hingga 3, lengkap beserta jawabannya.
“Buat ujian hari ini, gue udah dapet bocoran soalnya dari kemarin (Selasa) siang,” ujar Bambang.
Lebih lanjut, dia menambahkan bahwa bocoran soal yang beredar ternyata sama persis dengan materi soal yang diujikan pada hari ini.
“Hari ini ujian Bahasa Inggris dan Sejarah. Jadi, begitu dapet, gue kasih ke beberapa temen gue buat dipelajarin. Nah, pas dicocokin sama soal hari ini, ternyata semuanya sama. 100% tembus!” lanjut Bambang.
ADVERTISEMENT
Hal senada juga diungkapkan oleh Bejo (nama samaran), salah satu pelajar dari SMA Bekasi. Bejo juga mengungkapkan bahwa dia dan teman-temannya menerima bocoran yang serupa.
“Sehari sebelum ujian, gue dapet beberapa bocoran, sih. Tapi banyak versinya, jadi harus diperiksa dulu,” ujar Bejo.
Meski sudah mendapatkan bocoran soal beserta jawabannya, Bambang dan Bejo lebih memilih untuk ‘main aman’ dengan enggak membuat contekan.
“Gue enggak berani bikin contekan. Mending dipelajarin atau gue hapalin. Kalau ujian Sejarah tadi, tuh, dililhat dari kata kuncinya doang juga bisa,” ujar Bambang.
“Ngeri kalau bikin contekan. Di beberapa sekolah teman gue banyak razia dan banyak juga yang ketahuan bawa contekan. Yang ketahuan dapet ancaman enggak lulus,” tutup Bejo.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan