Pencarian populer

Cara Hadapi Orang Tua yang Masih Berhubungan Baik dengan Mantan Pacar

Ilustrasi hubungan baik Foto: Shutterstock
Kamu sudah putus sama pacar. Tapi, setelah beberapa bulan berjalan, kamu melihat orang tuamu masih sangat akrab sama mantan. Bahkan, sampai mengundangnya ke acara penting keluarga.
ADVERTISEMENT
Di satu sisi, kamu mungkin sungkan untuk berterus terang dengan orang tua karena hubungan kalian sudah kandas. Tapi di sisi lain, kamu juga enggan harus bertemu lagi dengan mantan.
Menurut Debbie Magids, penulis buku 'All the Good Ones Aren’t Taken', orang memang seringkali takut ketika harus jujur, karena mereka enggak mau orang lain terganggu dengan rasa sakit hati yang dia rasakan, apalagi kalau kamu dan mantan putusnya masih baru banget.
Walau begitu, Debbie menyarankan agar kamu tetap jujur dengan orang tuamu soal apa yang terjadi di antara kamu dan mantan. Beri tahu mereka apa yang kamu rasakan sebenarnya ketika orang tua hendak mengundang mantanmu ke acara keluarga.
Diana Kirschener, penulis dari 'Sealing the Deal: The Love Mentor’s Guide to Lasting Love' juga menyarankan hal sama seperti Debbie, dan enggak ada salahnya kamu menciptakan jarak antara kamu dan mantanmu setelah putus.
ADVERTISEMENT
“Kalau hubungan orang tuamu dan mantan sudah sangat mengganggu, kamu harus bilang ke orang tuamu untuk menghentikan hubungan itu sementara waktu, sampai luka hatimu pulih,” ujar Diana.
Menghentikan hubungan di sini, berarti memutus semua jalur komunikasi, termasuk pesan singkat, telepon, atau bahkan undangan.
Ingat, biar bagaimanapun, yang sedang menjalankan hubungan adalah kamu. Kalau kamu merasa enggak nyaman dengan hubungan yang terjalin antara orang tuamu dan mantan, jujur saja pada mereka sebelum terlambat.
Penulis: Stefanny Tjayadi
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86