Pencarian populer

Ini Cara Mengatasi Penyebaran Berita Hoax

Sekarang ini, berita hoax mudah sekali tersebar dimana-mana. Masalahnya, penyebaran berita hoax bisa menyebabkan kesalahpahaman. Hal-hal yang buruk bila tersebar tanpa konfirmasi, bisa merugikan banyak pihak.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sebelum mempercayai atau menyebarkan suatu berita. Dengan hal ini, pastikan bahwa berita yang Anda baca itu benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Lihat Sumber Berita

Com-Lihat sumber berita (Foto: Thinkstock)

Kalau berita tersebut berasal dari link yang terlihat mencurigakan, maka jangan dipercaya. Link yang mencurigakan biasanya yang diakhiri oleh com.co, atau dengan mirip nama situs berita terkenal. Tampilan website yang asal-asalan juga bisa jadi tanda apakah situs tersebut memberitakan berita yang benar atau hoax.

Terlihat Memprovokasi

Com-Jangan mudah terprovokasi (Foto: Thinkstock)

Judul provokatif dan berlebihan? Bisa jadi itu berita hoax. Situs berita yang punya kredibilitas tidak mungkin memberikan judul yang provokatif, karena isinya harus dipertanggungjawabkan. Begitu juga bila menerima pesan hoax di whatsapp atau messenger lainnya, cermati dulu nada dari pesan tersebut. Bila terlihat provokatif, cek ke pihak berwajib untuk ditindaklanjuti.

Cek ke Call Center

Com-Cek ke call center (Foto: Thinkstock)

Bila berita hoax tersebut memberitakan soal produk tertentu, langsung cek ke call center produk tersebut. Jangan menyebarkannya, karena akan membuat masyarakat semakin panik dan berita hoaxnya malah jadi semakin tersebar.

Call center akan memberikan penanganan langsung dan memberikan pemahaman pada pelanggan akan berita hoax tersebut. Selanjutnya, bila memang benar akan ditindaklanjuti.

Menyebarkan berita hoax untuk mengecek kebenarannya juga bukan langkah yang bijaksana. Karena dengan begitu, kamu jadi salah satu penyebar berita hoax tersebut. Orang-orang yang tidak bertanggung jawab akan menggunakannya sebagai fitnah sehingga sulit untuk dicari ujungnya darimana berita hoax ini berasal. Inilah pentingnya untuk melaporkan langsung pada pihak berwajib atau call center, sehingga tidak tersebar lebih jauh.

Yuk, lebih smart dalam bersosial media. Jangan langsung percaya berita hoax, laporkan pada pihak berwajib atau call center untuk menyelesaikannya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.59