Pencarian populer
Entertainment

Gagal SNMPTN 2018? Jangan Sedih, Masih Ada SBMPTN dan Ujian Mandiri

Ilustrasi lembar ujian. (Foto: Thinkstock)

Tinggal menunggu beberapa jam lagi, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), akan secara resmi diumumkan.

Hasil penerimaan yang rencananya akan diumumkan pukul 17.00 WIB ini membuat sebagian besar para pejuang PTN harap-harap cemas. Ya, enggak sedikit yang berharap agar bisa diterima di PTN idaman lewat jalur SNMPTN.

Buat yang nanti mendapat hasil positif, selamat. Namun, buat kamu yang belum beruntung, jangan patah semangat. Sebab, SNMPTN bukan satu-satunya ‘tiket’ kamu untuk kuliah di kampus idaman. Sebab, kamu masih bisa mengikuti beberapa seleksi lainnya, seperti SBMPTN dan seleksi mandiri yang diadakan oleh masing-masing PTN.

SBMPTN

Ujian SBMPTN. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) jadi salah satu jalur yang paling banyak diikuti oleh teman-teman kita yang enggak lolos SNMPTN.

SBMPTN sendiri merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil Ujian Tertulis atau kombinasi hasil Ujian Tertulis dengan Ujian Keterampilan.

Berbeda dengan SNMPTN, pada SBMPTN, prestasi siswa selama sekolah tidak diperhitungkan. Pendaftaran SNMPTN untuk tahun 2018 sendiri sudah resmi dibuka secara daring mulai dari Kamis (5/4) pukul 08.00 WIB hingga 27 April pukul 22.00 WIB mendatang.

Bagaimana dengan syarat dan prosedur pendaftarannya? Cek di sini.

Ujian Mandiri

Ilustrasi ujian matematika (Foto: Dok. Pixabay)

Buat kamu yang gagal dalam SNMPTN dan SBMPTN, ujian mandiri ini bisa kamu coba. Ujian ini enggak dilaksanakan secara bersama di bawah koordinasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti).

Proses pendaftaran jalur mandiri bisa dilakukan di masing-masing PTN, ada yang lewat jalur datang langsung ke kampusnya sampai yang pendaftaran online di situs resmi PTN. Tarif pendaftarannya juga berbeda-beda tergantung kebijakan panitia masing-masing.

Nah, karena proses seleksi ini diadakan secara mandiri, tentu hasil pengumumannya juga akan berbeda tergantung dari kebijakan kampus masing-masing.

Jadi, buat kamu yang nanti enggak lulus SNMPTN, jangan berkecil hati. Seperti kata pepatah ‘banyak jalan menuju Roma’, masih banyak jalan juga menuju kampus idaman kamu. Semangat, guys!

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: