• 0

Infografik: 8 Tips untuk Menjadi Pemilih Pemula yang Cerdas

Infografik: 8 Tips untuk Menjadi Pemilih Pemula yang Cerdas


Tips Menjadi Pemilih Muda yang Cerdas

Tips Menjadi Pemilih Muda yang Cerdas (Foto: Basith S./kumparan)
Bagi sebagian anak muda, pilkada 2018 akan menjadi momen yang cukup penting. Sebab, tak sedikit dari mereka yang baru akan menggunakan hak pilihnya pada ajang tersebut untuk yang pertama kali.
Pilkada 2018 akan diselenggarakan secara serentak di 171 daerah di Indonesia, diikuti sebanyak 17 provinsi, 115 kabupaten, serta 39 kota.
Meski mungkin masih terasa cukup asing dengan segala persyaratan dan prosedur untuk menggunakan hak pilih, para pemilih pemula tak seharusnya menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuk tidak memberikan suaranya.
Menurut laporan kumparan sebelumnya, saat ini terdapat sebanyak 10 juta pemilih pemula yang terdiri dari anak yang sudah berusia 17 tahun pada tanggal 27 Juni, juga 5.630 yang masuk kategori di bawah 18 tahun tapi sudah menikah.
Melihat jumlahnya yang tak sedikit, para pemilih pemula tentunya bisa memberikan pengaruh yang cukup signifikan dalam memutuskan siapa yang layak untuk memimpin di daerahnya masing-masing dengan cara menggunakan hak pilih sebaik-baiknya.
Nah, kira-kira apa saja cara yang bisa dilakukan seorang pemilih pemula untuk dapat menjadi pemilih yang aktif dan cerdas? Berikut ada delapan tips dari buku saku KPU yang kumparan rangkum untuk kalian.

Tips Menjadi Pemilih Muda yang Cerdas

Tips Menjadi Pemilih Muda yang Cerdas (Foto: Basith S./kumparan)

Infografik pemilih pemula di Pilkada 2018

Infografik pemilih pemula di Pilkada 2018 (Foto: Muhammad Faisal Nu'man)
Cukup mudah, bukan? Yuk, jadi pemilih pemula yang cerdas!

MilenialPilkada Serentak 2018MahasiswaSMAInfografik

presentation
500

Baca Lainnya