Pencarian populer
13 September 2018 19:19 WIB
0
0

Jangan Tertipu, Ini 5 Cara Membedakan Barang Streetwear Asli dan Palsu

Supreme x Nike (Foto: Twitter @LeSyndrom)

Kini merek-merek streetwear seperti Supreme, A Bathing Ape, dan Off White, sedang digilai oleh anak muda. Merek high fashion seperti Louis Vuitton sampai Balenciaga juga sudah mulai menggandeng merek streetwear tersebut untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Banyaknya permintaan terhadap produk streetwear ini, sayangnya diikuti dengan kemunculan barang-barang palsu alias KW. Supaya kamu enggak mudah tertipu saat membeli barang streetwear, lebih baik ikuti lima cara membedakan yang asli dan palsu, berikut ini.

1. Perbanyak ilmu di internet

Kini sudah banyak referensi soal streetwear yang bisa kamu dapat di media sosial seperti Instagram, atau YouTube. Enggak sedikit juga selebgram dan YouTuber yang rutin mengunggah video soal review streetwear yang bisa kamu tonton.

"Membedakan asli dan palsu itu susah bagi pemula, karena banyak aspek yang harus dilihat. Saran gue nonton video di YouTube atau cek Instagram, kebetulan beberapa toko menerapkan tagar fake authentication gitu, jadi kebantu," terang seorang YouTuber, Yoshiolo, kepada kumparan.

2. Manfaatkan layanan legit check

Bila kamu masih merasa kesulitan dalam membedakan mana yang asli dan palsu, kamu bisa manfaatkan layanan legit check dari hypebeast enthusiast lainnya. Salah satu yang terkenal yakni Yeezy Busta, Fufu Spotted, atau Sneaker Consign.

Namun kamu perlu merogoh kocek untuk menggunakan jasa mereka. Harga ini tergantung kepada barang streetwear yang ingin kamu tahu keasliannya. Ada yang mematok harga Rp 150 ribu, ada pula yang Rp 200 ribu.

Selain itu, kamu juga bisa legit check sendiri lewat aplikasi Legit Check yang dibuat oleh Daniel Ch. Dilansir laman The Idle Man, aplikasi ini bisa membaca barcode di kotak sepatu, dan memberikan informasi detail untuk membedakan mana barang asli dan palsu.

3. Lihat tag dan materialnya

Menurut Ryan Steven dari Velozy Store, sebelum membeli sneakers harus perhatikan material, logo, bordir, dan warnanya. "Beberapa sisi misalnya kayak Nike Air Jordan, bolongannya enggak simetris, jahitan juga beda. Harus dilihat sampai detail banget," jelas dia.

Selain itu, menurut Michael dari Con Nois Soor, sneakers asli dan palsu juga bisa dibedakan lewat tag-nya. "Misal merek Fear of God, mereka biasanya sering kasih tag barang ini koleksi ke berapa. Contoh harusnya koleksi keenam, tapi mereka (yang palsu) tulis kelima. Mungkin belum diproduksi kali tag-nya," ujar dia.

Enggak hanya sneakers, kamu juga harus memperhatikan secara saksama ketika membeli apparel. Mulai dari sablonnya, dan tag-nya yang berbeda.

"Hoodie Supreme di belakang tag-nya ada tulisan Supreme yang hampir enggak keliatan. Kalau palsu itu keliatan banget," kata Ryan.

4. Jangan terlalu nafsu

Menurut Patrick Sandy Teki dari TwentyThreeKicks, bagi pemula yang ingin mulai mengkoleksi barang streetwear bermerek, ada baiknya jangan terlalu nafsu. "Sekarang itu 11:12 yang asli dan palsu. Menurut gue harus lebih sabar, terutama yang harganya mahal. Tanya-tanya, cari-cari di internet (biar bisa) bedain mana yang fake, mana yang real," kata cowok yang akrab disapa Teki itu.

5. Beli di toko terpercaya

Supaya semakin yakin barang yang kamu beli asli, cara terbaik yakni membeli dari toko terpercaya. Kamu juga bisa datang ke acara-acara khusus streetwear yang memastikan seluruh tenant-nya menjual barang orisinal.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Sabtu,25/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23