Pencarian populer
12 Desember 2017 18:45 WIB
..
..

Jurusan SBMPTN yang Diprediksi Bakal Sepi Peminat di Tahun 2018

Ujian SBMPTN. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)

Nah, kalau tadi kumparan (kumparan.com) sudah membahas mengenai prediksi program studi (prodi) yang banyak peminat, kini kumparan akan merangkum mengenai prodi yang sepi peminat di SBMPTN 2018.

Selain UI,ITB dan UGM, kali ini kumparan akan menambahkan Universitas Padjadjaran (Unpad) sebagai variable data. Hal ini dilakukan karena UNPAD adalah PTN dengan peminat terbanyak tiga tahun berturut-turut menurut Unpad.ac.id. Meski begitu, selain banyaknya peminat, ternyata ada juga prodi yang sepi peminat di Unpad.

Menurut situs resmi sbmptn.ac.id, di Universitas Indonesia untuk jalur Sains dan Tekonologi (Saintek), jurusan yang paling sedikit diminati siswa adalah Teknik Geologi. Pada 2016 lalu, tercatat peminat jurusan ini hanya 375 peminat dengan daya tampung sebanyak 24 kursi.

Untuk jalur Sosial Humaniora (Soshum), jurusan dengan peminat paling sedikit tahun lalu adalah Sastra Jawa dengan 295 peminat dan daya tampung 20 kursi.

Sementara itu, di Institut Teknologi Bandung (ITB), jurusan yang paling sedikit diminati siswa untuk jalur Saintek adalah FTI (Fakultas Teknologi Industri) kelas Jatinangor dengan 677 peminat dan daya tampung sebanyak 33 kursi.

Untuk jalur Soshum, jurusan dengan peminat paling sedikit tahun lalu adalah FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain) dengan 2.530 peminat dan daya tampung sebanyak 150 kursi.

Sedangkan di Universitas Gadjah Mada (UGM), jurusan yang paling sedikit diminati untuk jalur Saintek adalah Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian yang hanya 176 peminat dengan daya tampung sebanyak 8 kursi.

Untuk jalur Soshum, jurusan dengan peminat sedikit tahun lalu adalah Sastra Nusantara dengan 147 peminat dan daya tampung hanya 8 kursi.

Dan untuk Unpad, jurusan yang paling sedikit diminati untuk jalur Saintek adalah Fisika yang hanya 797 peminat dengan daya tampung sebanyak 53 kursi.

Untuk jalur Soshum, jurusan dengan peminat sedikit tahun lalu adalah sastra rusia dengan 351 peminat dan daya tampung hanya 30 kursi.

Nah, berkebalikan dengan berita pertama, menurut data yang dihimpun dari website resmi SBMPTN, dalam tiga tahun terakhir, ketiga program studi dari jalur Saintek dan Soshum di 4 universitas favorit di atas cenderung menjadi yang terendah di antara program studi lainnya.

Itu artinya, prodi Teknik Geologi dan Sastra Jawa (UI), FTI kelas Jatinangor dan FSRD (ITB), Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, serta Sastra Nusantara (UGM) dan Sastra Rusia (Unpad) diperkirakan cenderung menjadi prodi dengan jumlah peminat terendah pada SBMPTN 2018 nanti.

Jadi, itulah perbandingan antara prodi dengan peminat tertinggi dan terendah pada SBMPTN 2018. Kalian para milenials juga harus cermat memilih prodi yang sesuai dengan kemampuan kalian ya guys !

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: