kumparan
12 Okt 2018 18:14 WIB

Kamu Mahasiswa Butuh Hiburan? Follow 6 Akun Shitposting Kampus Ini

UI, ITB, UGM (Foto: Facebook/UI, ITB, UGM)
Jenuh dengan tugas dan rutinitas kampus? Selain melepas penat dengan main game atau marathon nonton serial, kamu juga bisa follow beberapa akun shitposting dari berbagai kampus di Indonesia, agar kebutuhan humormu enggak kering.
ADVERTISEMENT
Alih-alih mem-follow akun resmi info kampus yang berisi tentang perkuliahan, akun shitposting justru enggak kalah peminatnya. Hal ini karena shitposting dirasa lebih relate dengan kehidupan sehari-hari mahasiswa.
Akun shitposting biasanya membahas enggak hanya candaan atau kejadian lucu internal anak-anak sekitar kampus, tetapi juga kritik yang disampaikan lewat meme.
Untuk itu, berikut akun shitposting dari enam kampus di Indonesia yang berhasil kumparan rangkum untukmu.
1. Unpad Shitposting
ZF, admin dari Unpad Shitposting mengungkap bahwa akun tersebut booming dari Facebook (FB) dan punya perbedaan dengan akun humor di medium lain, seperti Unpad Hereuy di LINE atau Instagram.
“Unpad Shitposting punya tipikal likers yang beda dari akun macam Unpad Heureuy. Mereka memang lebih luas dan gampang diakses, tapi terlihat harus lebih aktif dan sibuk, sementara kalau di FB kan saya bisa lebih santai cari bahan lawakan untuk dijadikan 'shitpost',” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Akun Unpad Shitposting yang memiliki lebih dari enam ribu likes dan followers ini bahkan mengategorikan fanpage-nya tersebut sebagai ‘Mental Health Service’. Well, mungkin akun ini memang turut membantu kesehatan mental dalam menghadapi kehidupan bagi para mahasiswa Unpad.
2. Unsoed1963
Enggak hanya Unpad Shitposting yang cukup nyeleneh mengategorikan fanpage-nya, akun shitposting milik kampus Universitas Jenderal Soedirman yang terletak di Purwokerto, Jawa Tengah ini juga memasukkan ‘Health/Beauty’ untuk mengategorikan fanpage-nya.
“Kami menyajikan konten sampah nirinformasi pilihan dengan mengutamakan kearifan lokal dan pembangunan perdesaan,” tulis Unsoed1963 di bagian ‘About’.
3. UGM Shitposting
Enggak cuma menampilkan kekonyolan tingkah laku mahasiswanya, akun UGM Shitposting juga memperlihatkan kejadian tak terduga di sekitar kampus.
ADVERTISEMENT
Akun shitposting yang punya jumlah likes hingga lebih dari 14 ribu dan 15 ribu follower ini menyebut fanpage tersebut sebagai “fanpage nirfaedah yang berdiri sebagai program menuju title Universitas Gudang Meme dan per-shitposting-an kelas dunia yang unggul dan inovatif”.
4. Shitposting Ganesha
Dalam ketarangan akun fanpage-nya, akun Shitposting ini ternyata punya keinginan untuk menjadikan ITB sebagai Institut Termeme Bangsa, lewat slogan “Saya berpikir, maka saya shitposting. I think therefore I shitpost. Cogito Shitpostum.”
5. Untad Shitposting
Di tengah bencana yang melanda, salah satu akun shitposting dari kampus negeri di Palu, Sulawesi Tengah, Universitas Tadulako, nyatanya masih sempat mem-posting untuk kebutuhan fanpage-nya.
Diakui L, admin dari Untad Shitposting ini, tujuan pertama dia dan teman-temannya membuat akun fanpage ini adalah untuk mengungkap keluh kesah para mahasiswa Untad.
ADVERTISEMENT
“Kami ingin menuliskan kesah keluh para mahasiswa Untad dan menyalurkannya di media sosial. Selain itu, ya untuk sarana lelucon dalam lingkup Untad saja,” ucapnya.
6. UI Shitposting
Akun shitposting ini punya jumlah likes dan followers paling banyak dari lima akun shitposting sebelumnya dengan total likes lebih dari 16 ribu dan lebih dari 17 ribu followers.
Slogan asli kampus UI yaitu “Veritas Probitas Iustitia” bahkan diplesetkan dengan tambahan “bumbu Memeitas Shitpostitia”.
Selain enam kampus di atas, apakah ada kampus lain yang kamu tahu memiliki fanpage shitposting? Mana yang jadi favoritmu?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan