Pencarian populer

Kini Ujian Sekolah secara Online Bisa Dilakukan dengan Quipper School

Ujian di SMA Ignatius Slamet Riyadi secara online menggunakan Quipper School (Foto: Quipper)
Generasi milenial dan teknologi, bagaikan senja dan sobat indie, enggak bisa terpisahkan. Teknologi selalu hadir untuk mempermudah setiap kegiatan, mulai dari bepergian, beli makan, sampai ujian sekolah.
ADVERTISEMENT
Ya, kini ujian nasional maupun tes masuk perguruan tinggi, sudah memanfaatkan kecanggihan teknologi. Bahkan, salah satu sekolah di Jakarta, yakni SMA Ignatius Slamet Riyadi, telah menggunakan teknologi dalam kegiatan belajar dan mengajar sehari-hari.
Teknologi itu bernama Learning Management System (LMS) dari Quipper School. LMS adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk mempermudah manajemen pembelajaran. Dengan LMS, guru dapat mengelola materi pelajaran dalam kelas online, memberikan materi atau tugas yang dapat diakses siswa secara online, sampai memudahkan proses penilaian yang dapat dilakukan secara otomatis tanpa perlu mengecek jawaban siswa satu persatu.
LMS dari Quipper School ini juga dimanfaatkan SMA Ignatius Slamet Riyadi untuk menggelar ujian akhir semester (UAS). Ini merupakan tahun kedua sekolah tersebut menerapkan UAS secara online.
Ujian di SMA Ignatius Slamet Riyadi secara online menggunakan Quipper School (Foto: Quipper)
Tapi, ada yang berbeda, lho, dalam pelaksanaan UAS online pada tahun ini, Sebab, kini semua mata pelajaran telah diujikan secara online. Berbeda dari tahun sebelumnya yang hanya diterapkan kepada mata pelajaran tertentu.
ADVERTISEMENT
"Masa, sebagai pengajar kami kalah dengan anak didik soal teknologi? Ujian Nasional saja, sudah berbasis komputer. Masa, kami masih meminta siswa untuk corat-coret di lembar jawaban? Jadi kami harus beradaptasi. Menjadi manusia itu harus berani dan jangan sampai ketinggalan. Quipper School sangat membantu kami untuk mengoptimalkan kegiatan belajar dan mengajar ini," tutur Kepala Sekolah SMA Ignatius Slamet Riyadi, Nina Dwi Esti Prabandari, dari rilis yang diterima kumparan, Rabu (19/12).
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Waluyo Budi Utomo, menambahkan, Quipper School ini justru membuat siswa SMA Ignatius Slamet Riyadi ketagihan belajar. "Siswa senang dan menjadi ketagihan karena mau mengerjakan PR hanya buka gadget seperti bermain media sosial,” ucapnya.
Salah satu siswa kelas 12 IPS bernama Stefanie Denisa Sonya mengaku, UAS secara online dengan Quipper School memang lebih menyenangkan. "Enggak terlalu kaku kayak dulu yang harus berhadapan dengan kertas," kata dia.
ADVERTISEMENT
Menanggapi hal tersebut, Tri Nuraini selaku Head of PR and Marketing Quipper Indonesia berharap, pemanfaatan LMS ini dapat memajukan pendidikan di tanah air.
"Sebagai perusahaan edukasi teknologi, kami berkomitmen untuk memajukan pendidikan Indonesia lewat ragam layanan Quipper baik melalui LMS, video learning, hingga konsultasi online. Saya percaya semakin banyak perusahaan edtech hadir, maka semakin besar pula peluang bagi pendidikan Indonesia untuk maju," terangnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86