Pencarian populer

Kisaran Biaya UKT yang Harus Dikeluarkan untuk Kuliah di IPB

Kampus IPB (Foto: Instagram IPB)
Meski namanya adalah Institut Pertanian, IPB kini mengembangkan fokus disiplin ilmunya tidak hanya terpaku di bidang pertanian. IPB telah memperluas program studinya ke ranah peternakan, perikanan dan ilmu kelautan, kedokteran hewan, bahkan hingga ekonomi dan bisnis.
ADVERTISEMENT
Menurut data SBMPTN tahun lalu, program studi Agribisnis menjadi jurusan yang paling banyak peminatnya dengan jumlah 2.204 peminat, disusul oleh Ilmu Gizi dengan jumlah 2.200 peminat.
Sesuai dengan peraturan di tingkat nasional, IPB memberlakukan aturan mengenai uang kuliah tunggal (UKT) yang besarnya ditentukan dengan mempertimbangkan kondisi sosial-ekonomi mahasiswa.
Untuk tambahan, jalur Mandiri IPB tahun akademik 2018/2019, akan dikenakan Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas (BPIF) yang besarnya ditentukan dengan mempertimbangkan kondisi sosial-ekonomi mahasiswa yang bersangkutan dan kelompok program studi, begitu pula dengan Kelas Internasional.
Dikutip dari laman resmi IPB, biaya UKT terendah adalah Rp 500 ribu per semester untuk semua jurusan bagi yang masuk dalam UKT golongan I. Sedangkan, biaya UKT tertinggi adalah Rp 12 juta untuk jurusan Kedokteran Hewan dan Bisnis yang masuk dalam golongan VI reguler, serta Rp 30 juta untuk jurusan Kedokteran Hewan Kelas Internasional.
Pengumuman SBMPTN 2018 di kumparan (Foto: Kerry Dwi Karisma/kumparan)
Nah, buat kamu yang sedang deg-degan menanti pengumuman SBMPTN besok, kamu bisa pantau laman resmi SBMPTN atau cek saja kumparan.com untuk tahu pengumuman tanpa harus mengalami server down.
ADVERTISEMENT
Jika kamu diterima menjadi mahasiswa IPB nantinya, silakan lakukan registrasi ulang, catat tanggal dan apa saja persyaratan pentingnya. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa cek laman resminya di http://admisi.ipb.ac.id/.
Buat kamu yang belum cek, bisa akses pengumuman SBMPTN 2018 di sini.
Semangat!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86