kumparan
23 Feb 2018 11:39 WIB

Lars Ulrich Sampaikan Pendapat tentang Gaya Permainan Drumnya

Lars Ulrich (Foto: Wikimedia Commons)
Perbincangan tentang kemampuan bermain drum Lars Ulrich yang kerap dibilang tidak terlalu mumpuni, mungkin sudah menjadi rahasia umum bagi para penggemar Metallica.
ADVERTISEMENT
Berbagai artikel dan video yang berkaitan dengan hal tersebut, bisa dengan cukup mudah ditemukan di pencarian dunia maya.
Namun, seperti apa sebenarnya pandangan Lars tentang permainan drumnya? Dalam sebuah video wawancara untuk Polar Music Prize, ia berkesempatan untuk berbicara tentang hal tersebut.
"Bagi saya, semuanya tentang lagu. Dahulukan band. Gitar, drum, dan yang lainnya hanyalah bagian dari sebuah gambaran besar," ucap Lars menjawab pertanyaan tersebut.
Baginya, salah satu hal terpenting dari sebuah permainan musik adalah memerhatikan ego pada diri masing-masing, serta fokus melakukan yang terbaik untuk lagu yang dimainkan.
"Yang selalu menarik saya dari drumming adalah bagaimana caramu menyesuaikan permainanmu dengan (lagu) apa pun yang sedang dimainkan," lanjut dia.
Salah satu pendiri Metallica yang telah aktif di industri musik selama lebih dari tiga dekade itu, bahkan mengakui bahwa ia tidak pernah begitu tertarik dengan skill individual dalam bermain drum.
ADVERTISEMENT
" 'Wah, orang ini hebat!', tapi itu tidak berarti bahwa dia bisa menciptakan irama atau membuat (skill) itu bermanfaat dalam sebuah (permainan) grup," kata Lars.
Lars kemudian menuturkan beberapa nama pemain drum seperti Ian Paice, Phillip Rhodes, serta Chalie Watts, yang ia anggap mampu memberikan permainan drum yang fisikal dan berirama dengan skill yang mereka miliki.
"Saya menganggap drum lebih sebagai instrumen grup. Saya tidak pernah tertarik untuk bermain sendiri, latihan solo selama berjam-jam, itu bukan gaya saya," tutup Lars.
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan