Pencarian populer

LDR karena Kuliah? Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Lanjut Hubungan

Ilustrasi pacaran anak SMA Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Salah satu hal yang mungkin menyebalkan dari lulus SMA adalah enggak lagi bisa ketemu pacar setiap hari. Apalagi kalau kalian bakal menjalani long distance relationship alias LDR karena kuliah.
ADVERTISEMENT
Mungkin kamu dan dia akan terpisah jarak dan waktu. Ketika ini terjadi, siap-siap, deh, hubungan kamu bakal diuji.
Tapi sebenarnya ada beberapa pertimbangan yang bisa kamu dan dia pikirkan untuk memutuskan apakah kalian siap LDR atau enggak, mau lanjut pacaran atau menyudahi hubungan. Apa aja, ya?
  1. Apakah kalian siap LDR?
Enggak ketemu selama 6 bulan atau bahkan setahun, apakah kamu sanggup? Long-distance relationshipitu bukan enggak mungkin berhasil, tapi berat. Dan selama kalian LDR, sanggup enggak untuk menjaga komunikasi? Lalu, apakah dia siap untuk punya jadwal khusus berkunjung ke tempatmu, begitu juga kamu sebaliknya?
  1. Apakah kamu punya trust issues?
Kamu dan dia akan bertemu orang-orang baru, termasuk lawan jenis. Apakah kamu siap melihat dia jadi punya sahabat dekat yang merupakan lawan jenis, begitu juga dengan dia sebaliknya kepadamu? Apakah kamu dan dia saling percaya kalau kalian enggak akan selingkuh?
ADVERTISEMENT
  1. Apakah masa-masa akhir SMA membuat kalian sering berantem?
Di masa akhir SMA, pasti kamu dan dia sibuk memilih kampus favorit. Nah, kamu sempat merasa kecewa enggak kalau dia enggak mendaftar di kampus yang sama dengan kamu? Apakah masalah pemilihan kampus ini sering menjadi masalah besar buat kalian?
  1. Apakah kalian siap meluangkan waktu meski sibuk kuliah?
Meluangkan waktu di sini artinya siap untuk membalas pesan, teleponan, atau video-call. Di tengah kesibukan kamu sebagai mahasiswa baru dan berjuang untuk beradaptasi di lingkungan baru, kamu juga masih harus keep in-touch sama pasanganmu yang berada di sana. Bisa enggak?
  1. Apakah kamu siap untuk mengurangi quality time sama pacar?
Kuliah itu menyita waktu yang cukup banyak, lho. Meskipun kamu satu kampus namun beda fakultas saja, waktu bertemu dan kegiatannya sudah berbeda. Jangan lupa, bicarakan baik-baik sama pasangan apa yang harus dilakukan pada hubungan kalian setelah lulus dari SMA.
ADVERTISEMENT
Reporter: Stefanny Tjayadi
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86