Pencarian populer

Masih Memimpikan Mantan? Ini 5 Makna di Balik Mimpi Kamu

Sudah 'putus', tapi masih memikirkan 'mantan'. (Foto: Pixabay)

Terus teringat kenangan dengan mantan pacar memang menyebalkan. Di kehidupan sehari-hari saja, hal itu bisa membuatmu susah move-on. Apalagi jika sampai kebawa mimpi.

Mimpi bertemu mantan bisa bermacam-macam situasinya. Namun tahukah kamu setiap situasi tersebut punya makna tertentu bagi kehidupanmu. Melansir The Cut, seorang analis mimpi, Lauri Quinn Loewenberg, memaparkan makna dari lima situasi mimpi berikut.

1. Mimpi sosok mantan yang baru putus

Move On dari Mantan (Foto: Thinkstock)

Kamu baru putus kemarin, lalu dua hari berikutnya kamu memimpikan sosoknya. Itu bukan berarti kamu ingin kembali dengannya.

“Kamu bermimpi tentangnya karena alam bawah sadarmu mencoba membantumu melewati proses putus dengan pacarmu. Seperti apa rasanya putus? Apakah kamu senang putus dengannya atau kamu masih merasa terikat dengan dirinya?” jelas Loewenberg.

2. Mantan ingin balikan

Di mimpi ini kamu seperti punya tanda bahwa memang pada kenyataanya mantanmu ingin balikan denganmu. Lalu kamu kembali memberi kode-kode padanya.

Namun hal itu justru terjadi sebaliknya, kata Loewenberg, “Kamulah sebenarnya yang menginginkan (balikkan). Kamulah yang mengeksplorasi kemungkinan tersebut.”

3. Kamu ditolak mantan

Ilustrasi memori pacaran. (Foto: Alex Bertha/unsplash)

Kamu ditolak mantan saat ingin balikkan? Hal itu berarti bahwa kamu mulai menyadari realitas yang sesungguhnya bahwa kini kamu sudah putus.

“Lihatlah mimpi itu sebagai percakapan dengan diri kamu sendiri. Apa pun yang dikatakan mantan kepada kamu adalah apa yang kamu katakan kepada diri sendiri sehubungan dengan mantan,” kata Loewenberg.

4. Kebiasaan buruk mantan

Jika kamu bermimpi tentang kebiasaan buruk mantan yang tak kamu suka maka itu artinya kamu sedang mengingatkan dirimu sendiri agar tak dapat pacar yang serupa dengannya.

“Mungkin pacar di masa lalu adalah perokok dan pacarmu saat ini bukan perokok, tapi peminum atau memiliki kebiasaan buruk lainnya. Bagaimana perasaanmu ketika kamu bangun dari (mimpi) itu? Kesalkah? Itulah peringatannya,” ujar perempuan penulis buku So, What Did You Dream Last Night? itu.

5. Balik lagi ke hubungan tak sehat

Ilustrasi putus dengan pacar (Foto: Thinkstock)

Bermimpi kembali ke hubungan yang tak sehat seperti pacarmu yang suka melakukan kekerasan padamu berarti kamu sedang menyiksa dirimu sendiri. Walaupun kenyataanya kamu sudah lepas dari kekerasan pacarmu.

“Kamu masih mengizinkan kekerasan terjadi padamu tapi sekarang kamulah yang melakukannya sendiri - tidak secara fisik tetapi secara psikologis," tutur Loewenberg.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63