kumparan
15 Nov 2018 17:08 WIB

Menelisik Seluk Beluk Meme Viral ‘Tidak Semudah Itu Ferguso’

Meme ‘tidak semudah itu Ferguso’ yang menggunakan tokoh kucing Tom dalam kartun Tom and Jerry di episode berjudul Of Feline Bondage (1965) (Foto: YouTube)
Meme memang menjadi salah satu suplemen humor yang bisa menyegarkan kehidupan remaja milenial. Sebut saja meme bertema ‘tidak semudah itu Ferguso’ yang sedang viral di sejumlah media sosial seperti Facebook dan Twitter akhir-akhir ini.
ADVERTISEMENT
Meme tersebut merupakan hasil cuplikan gambar tokoh kucing Tom dalam kartun Tom and Jerry yang diproduksi 3,5 dekade silam. Dalam episode berjudul Of Feline Bondage (1965), Tom yang sedang ditakut-takuti oleh Jerry sempat berpose jahat sepersekian detik sebelum akhirnya lari terbirit-birit.
“Gambar (meme) tersebut menceritakan tentang seseorang yang ingin melakukan sesuatu yang seharusnya bisa dilakukan dengan mudah, namun pada akhirnya ada sesuatu yang menghalangi dia melakukan sesuatu tersebut,” jelas laman Facebook yang biasa menjelaskan konteks meme terkini, Know Your Meme Indonesia - Unofficial.
Berdasarkan penelusuran Know Your Meme Indonesia - Unofficial, meme ini pertama kali muncul di Twitter pada 23 Oktober 2018. Salah satu akun lawak anonim membuat postingan tentang cerita seorang teman cowok yang ingin mencontek tugas seorang cewek.
ADVERTISEMENT
Meski sang cewek menjawab “Oke” akan tetapi di belakangnya cewek itu berkata, “Apakah semudah itu aku berikan tugasku untukmu? Hahaha, tentu tidak, Ferguso.” Kata-kata ini dibubuhi gambar Tom resolusi rendah yang sedang berpose jahat.
Singkat cerita, dengan reproduksi yang begitu masif dari sejumlah pengguna media sosial lain, meme tersebut tersebar luas begitu cepat. Meme itu kini punya konsep gambar Tom yang dibawahnya bertuliskan “Tidak semudah itu Ferguso”.
Soal nama yang dicatut dalam meme sebagai Ferguso, menurut salah satu admin Know Your Meme Indonesia – Unofficial, Yankov Cheslav (bukan nama sebenarnya), itu diambil dari tokoh anjing bernama Pulgoso dalam telenovela Marimar.
“Meme ini membuat netizen (warganet) bernostalgia dengan telenovela yang sempat ramai beberapa tahun silam,” kata Yankov kepada kumparan.
ADVERTISEMENT
Tak berhenti dengan Ferguso, warganet juga menggunakan nama-nama latin lain seperti Fellicio, Maria, Antonio, Patricia, Emanuela, Ramirez dan masih banyak lagi untuk membuat meme bertema serupa.
Kalau kamu mau pakai yang mana, Sergio?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan